5 Tips Mudah Menghafal Untuk Anak

Dalam belajar, kegiatan yang sering dilakukan adalah menghafal pelajaran. Baik itu menghafal surat-surat pendek pada pendidikan agama, menghafal kosakata pada pelajaran bahasa, atau menghafal sejarah dan berbagai pelajaran lainnya

Untuk dapat menghafal secara efektif, terdapat beberapa metode yang dapat kita terapkan pada anak-anak. Metode-metode ini dapat mempermudah proses anak-anak dalam menghafal materi pelajaran.

Berikut ini adalah 5 tips mudah menghafal untuk anak-anak:

1. Tulis Tangan

Cara yang umum dilakukan oleh anak-anak untuk menghafal seringkali adalah dengan membaca materi yang perlu dihafalkan secara berulang kali. Namun terkadang, walau sudah dibaca berulang kali materi tersebut tetap tidak dapat dihafalkan dengan baik oleh anak. Untuk itu, cobalah ajarkan anak metode menulis  materi secara berulang kali materi yang akan dihafalkan.

Menulis dengan tangan menurut sebuah penelitian memiliki hubungan yang baik dengan kemampuan untuk mengingat dan memahami materi dengan jauh lebih baik. Hal ini mungkin terjadi karena ketika menulis dengan tangan, otak kita akan merekam gerakan tangan yang dilakukan oleh anak ketika mereka menulis dan akan membuat otak kita mengingat materi yang ditulis dengan lebih baik.

2. Membuat Poin Penting

Selain dengan menulis dengan tangan, metode lain yang dapat dipergunakan untuk menghafal pada anak adalah dengan membuat poin-poin yang penting dari materi yang akan dihafalkan oleh anak. Bantu anak-anak membuat poin-poin penting tersebut dan menuliskan kata kunci yang penting yang dapat membuat anak lebih paham akan materi yang akan dia hafalkan

Dengan memberikan poin-poin yang penting, anak dapat memahami apa yang dia akan hafalkan dan pada akhirnya dapat lebih mudah dalam menghafalkan materi tersebut.

3. Menggunakan Audio atau Rekaman

Terkadang ada anak-anak yang kesulitan ketika menghafal menggunakan metode membaca atau menulis. Ada beberapa anak yang akan lebih mudah menghafal ketika menggunakan audio. Cara yang dapat dilakukan adalah, minta anak untuk membaca materi yang akan dihafalkan dan rekamlah suara anak dengan menggunakan perekam suara atau bisa juga dengan menggunakan smartphone.

Setelah materi direkam, maka putarlah rekaman tersebut secara berulang kali sembari anak fokus mendengarkan dan menghafalkan materi-materi yang dia baca dan rekam tadi.

Selain membantu anak untuk menghafal, metode ini juga dapat melatih cara berbicara yang baik pada anak-anak

4. Tanya Jawab

Metode ini cocok untuk anak-anak yang tidak terbiasa atau suka belajar sendiri. Orang tua dapat membantu anak-anak belajar menghafalkan materi dengan cara melakukan tanya jawab. Orangtua dapat mempelajari terlebih dahulu materi yang ada, kemudian minta anak-anak untuk mempelajari materi tersebut.

Setelah anak-anak membaca materi tersebut dan menghafalkannya, maka orang tua kemudian mulai memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada anak terkait materi yang tadi dipelajari dan dihafalkan. Ulangi pertanyaan-pertanyaan tersebut beberapa kali hingga anak-anak benar-benar paham dan hafal dengan materi yang dipelajari.

5. Istirahat Yang Cukup

Berbagai metode di atas memang baik dilakukan untuk membantu anak-anak dalam menghafal materi pelajaran yang menjadi tugas mereka. Namun, untuk dapat melakukan proses menghafal tersebut, anak-anak harus berada dalam keadaan yang segar dan tidak kelelahan.

Untuk itu, pastikan setelah selesai mereka sekolah, anak-anak mendapatkan istirahat yang cukup dengan tidur sejenak untuk menyegarkan kondisi badan dan otak mereka sehingga dapat berfungsi maksimal dan dapat menghafal materi-materi yang dipelajari dengan baik dan mudah.

Demikianlah 5 metode yang dapat dilakukan untuk membuat anak-anak lebih mudah dalam menghafal pelajaran. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam