5 Persiapan Melakukan Presentasi Skripsi Offline yang Baik dan Benar

Skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan mahasiswa Program Sarjana. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan maksud dari skripsi yang ditulis dan mendapatkan nilai yang baik, maka belajar presentasi yang benar juga harus diperhatikan.

Persiapan Melakukan Presentasi Skripsi Offline

Berikut adalah 5 persiapan yang harus dilakukan untuk presentasi skripsi offline. Baca setiap poin untuk mendapatkan pemahaman yang maksimal

1. Menyiapkan Powerpoint Semenarik Mungkin

Sebelum melakukan presentasi skripsi offline, tentu harus mempersiapkan powerpoint yang menarik. Powerpoint akan menjadi tontonan penting yang akan dilihat saat melakukan sidang. Dalam hal ini, direkomendasikan untuk memilih powerpoint yang formal dan tidak terlalu ramai. Selain itu, ambil point penting yang ada dalam skripsi dan tuliskan secara singkat.

2. Menyiapkan Pointer

Pointer juga dianjurkan untuk dipersiapkan saat melakukan presentasi skripsi offline. Pointer berfungsi sebagai pengganti slide otomatis dan juga penunjuk tulisan yang sedang dipresentasikan. Sebenarnya pointer juga dapat dikategorikan sebagai barang opsional. Namun, ketika presentator mempersiapkannya dengan baik maka pasti presentasi juga akan berjalan maksimal.

3. Mempelajari Isi Skripsi

Persiapan melakukan presentasi skripsi offline tentu diwajibkan untuk peserta ujian mempelajari isi skripsi secara keseluruhan. Hafalkan semua hal penting yang ada di dalam skripsi. Pelajari mulai dari latar belakang hingga kesimpulan yang sudah ditulis di dalam skripsi.

4. Melakukan Presentasi Percobaan

Dalam melakukan presentasi percobaan, dianjurkan untuk melakukannya secara individu dengan memperhatikan waktu. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur stopwatch sebagai media pengukur waktu presentasi. Usahakan saat presentasi selesai tepat dengan waktu yang sudah ditentukan.

5. Memperhatikan Verbal dan Bahasa Tubuh

Presentasi skripsi offline memang dapat dikatakan sebagai kegiatan yang menegangkan. Dalam melakukan presentasi, presentator harus memperhatikan cara berbicara dan juga menyesuaikan bahasa tubuh. Hal inilah yang seringkali menjadi permasalahan di setiap orang. 

Untuk mempelajarinya, mulailah untuk tampil di depan kaca supaya mengetahui bagaimana penampilan saat melakukan presentasi. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengajak teman atau keluarga melihat presentasi percobaan dan memintanya untuk memberikan komentar.

Itulah penjelasan lengkap mengenai persiapan melakukan presentasi skripsi offline yang baik dan benar. Sebelum melakukan presentasi, diharapkan untuk memperhatikan setiap poin yang sudah dijelaskan diatas. Jangan lupa untuk selalu belajar dan berdoa untuk proses kelancaran presentasi sidang skripsi yang akan dilakukan 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam