7 Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Dalam dunia perkuliahan, melakukan penelitian merupakan hal yang umum dilakukan.

Akan tetapi, masih banyak mahasiswa yang belum sepenuhnya memahami istilah-istilah penting di bidang penelitian, salah satunya yaitu perbedaan dari penelitian kuantitatif dan kualitatif.


Perbedaan dari penelitian kuantitatif dan kualitatif sangat penting untuk diketahui, karena hal tersebut berkaitan dengan cara mendapatkan jawaban dari penelitian yang akan dilakukan.

Oleh karena itu, supaya penelitian yang akan kalian dilakukan lebih terarah dan dapat dipertanggungjawabkan.

Perbedaan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Berikut ini adalah 7 perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif:

1. Tujuan Penelitian

Kualitatif: bertujuan untuk memahami kondisi, mengembangkan teori, mendeskripikan realitas, dan kompleksitas sosial.

Kuantitatif: bertujuan untuk melakukan pembuktian suatu permasalahan, menguji teori, melakukan generalisasi fenomena sosial yang diteliti

2. Subjek Penelitian

Kualitatif: subjek penelitian yaitu narasumber
Kuantitatif: subjek penelitian yaitu responden

3. Variabel Penelitian

Kualitatif: variabel penelitian kualitatif tidak dapat diukur atau berubah-ubah
Kuantitatif: variabel penelitian kualitatif dapat diukur.

4. Jenis Data Penelitian

Kualitatif: data yang dihasilkan dalam penelitian berupa deskriptif dan eksploratif. Misalnya data hasil wawancara, pengamatan, maupun observasi.

Kuantitatif: data yang dihasilkan dalam penelitian berupa numerik atau angka, dan statistik

5. Metode Penelitian

Kualitatif: Metode penelitian yang sering digunakan misalnya: fenomenologi, etnografi, studi kasus, historis, grounded theory.
Kuantitatif: Metode penelitian yang sering digunakan misalnya: eksperimen, survey, korelasi, regresi, analisis jalur, expost facto.

6. Teknik Pengumpulan Data

Kualitatif: Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara mendeskripsikan objek penelitian, catatan lapangan, dokumen pribadi, dokumentasi resmi, fotografis dan sebagainya. Dalam penelitian ini tidak ada patokan absah peneliti, semuanya dianggap absah ketika itu benar-benar terjadi.

Kuantitatif: Teknik pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara coding kuantitatif, perhitungan, statistik dan pengukuran. Cara tersebut nantinya akan diaplikasikan dan diukur dengan kriteria yang telah ada sebelumnya, sehingga dapat dinyatakan pembenaran diterima atau ditolak.

7. Analisis Data

Kualitatif: Memakai analisis data induktif, penyimpulan konsep, tematik dan sebagainya. Analisis data penelitian kualitatif membetuk teori dan nilai yang berlaku pada kondisi dan tempat tertentu.

Kuantitatif: Memakai analisis data dan menyimpulkannya secara deduksi, mengambil simpulan dari olahan data, selanjutnya akan dihitung melalui perhitungan statistik. Analisis data penelitian kualititaif akan membentuk batasan mengenai ditolak atau diterima berdasarkan kriteria dan teori yang menjadi dasarnya.

Bantuan Pembuatan Karya Ilmiah Kualitatif dan Kuantitatif Online

Jasa finishing skripsi online

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Daftarkan Email KamuJadi yang pertama dapat info dari Jagoketik

Dengan mendaftarakan email, kamu bisa langsung menerima pemberitahuan jika ada konten baru dari Jagoketik. Jangan sampai ketinggalan. Daftar sekarang!

Chat WhatsApp
Online 24 Jam
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.