5 Fakta Tentang Sel Manusia Yang Harus Kamu Tahu

Sel adalah sebuah unit dasar terkecil dalam suatu makhluk hidup yang memiliki struktur dan fungsi untuk menunjang proses kehidupan. Manusia sebagai organisme multiseluler memiliki banyak sel di dalam tubuhnya yang memiliki fungsi khusus sesuai jenisnya. Meskipun berukuran kecil, di dalam sel berlangsung proses-proses untuk keberlangsungan hidup manusia mulai dari menyediakan energi hingga keberlangsungan reproduksi.

Berikut ini 5 fakta tentang sel manusia yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Sel Memiliki Ukuran yang Sangat Kecil

Sel memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga kebanyakan tidak dengan mudah dilihat dengan mata telanjang. Ukuran sel manusia diperkirakan berkisar 5 – 150 mikrometer (sepersejuta meter). Sel manusia terkecil yaitu sel sperma yang berukuran ±5 mikrometer, sedangkan sel terbesar yaitu sel telur dengan ukuran ±120 mikrometer. Karena ukurannya yang sangat kecil, maka dibutuhkan mikroskop untuk mengamati sel.

2. Sel Memiliki Organel di Dalamnya

Seperti halnya manusia yang memiliki organ-organ di dalamnya, sel juga memiliki organel-organel di dalamnya, meski berukuran kecil. Organel sel akan melangsungkan proses kompleks dalam skala kecil. Organel sel diantaranya yaitu nukleus (inti sel), apparatus golgi, lisosom, mitokondria, ribosom, vakuola dan retikulum endoplasma

3. Sel Bakteri Lebih Banyak dari Sel Manusia

Di dalam tubuh manusia tidak hanya terdiri dari sel-sel manusia saja, tapi juga sel bakteri. Sel manusia jumlahnya diperkirakan sekitar 30 triliun sel, sedangkan sel bakteri diperkirakan sekitar 38 triliun sel. Meskipun jumlahnya lebih banyak, sel bakteri memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan ukuran sel manusia dan kebanyakan berada di saluran pencernaan saja. Sehingga massanya dalam tubuh manusia lebih kecil.

4. Sel Memiliki Masa Hidup yang Berbeda

Sel manusia memiliki masa kadaluarsa atau masa rentang hidup yang berbeda tergantung dari jenis dan fungsi sel. Sel yang masa hidupnya berakhir akan mati dan digantikan oleh sel yang baru. Sebagai contoh, kebanyakan sel-sel dalam sistem pencernaan dapat hidup selama beberapa hari saja, sedangkan sel-sel sistem kekebalan dapat hidup selama 6 minggu.

5. Sel Dapat Melakukan Bunuh Diri

Seperti halnya sebuah mesin yang kadang memiliki gangguan, sel juga dapat mengalami gangguan atau kerusakan. Sel yang rusak atau terinfeksi akan menghancurkan dirinya sendiri yang disebut dengan apoptosis. Apoptosis dilakukan agar sel tetap berkembang dengan semestinya dan tidak mengganggu keberlangsungan sel yang lain. Jika sel gagal melakukan bunuh diri atau apoptosis, maka dapat menyebabkan sel berkembang menjadi sel kanker.

Nah, itulah 5 fakta tentang sel manusia yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Semoga bisa menambah pengetahuanmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam