5 Jurus Jitu  Memahami Bacaan Text

Keterampilan membaca merupakan kompetensi yang sangat penting dalam proses belajar mengajar.

Oleh karena itu ada beberapa jenis dan ada beberapa tahapan dalam keterampilan membaca salah satunya membaca teks.

Membaca teks di sini juga terbatas oleh kurun waktu yang sudah ditentukan baik dari guru maupun dari soal yang sedang dikerjakan.

Secara tidak langsung menuntut pembaca untuk bisa menyelesaikan dan memahami teks sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan oleh karena itu ada lima cara memahami bacaan teks dengan cepat dan tepat diantaranya sebagai berikut

1. Menentukan tema

Menentukan tema di sini kita bisa mengkategorikan pembahasan pada teks bisa fokus pada bidang tertentu semisal bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, kelautan, atau bidang yang lainnya.

Menentukan tema dapat mempermudah kita dalam mengetahui isi kandungan yang ada pada teks.

2. Menentukan judul teks

Dengan menentukan judul pada teks secara tidak sengaja mempermudah pembaca memahami isi text meskipun dalam kurun universal dan belum spesifik.

Menentukan judul pada teks cara tidak langsung memudahkan kita dalam memahami teks secara cepat tepat dan efisien namun itu semuanya juga harus dilengkapi dengan pembacaan teks secara keseluruhan.

3. Underlying kalimat

Underlying kalimat ini adalah tahap dimana pembaca dituntut untuk mampu menentukan ide pokok dalam setiap paragraf dalam bacaan teks.

Menggaris bawahi kalimat pada setiap paragraf itu adalah cara yang inovatif dan masih jarang sekali dilakukan oleh para pembaca dan cara ini juga sangat hemat waktu dan efisiensi waktu dalam menentukan ide pokok pada setiap paragraf.

4. Memastikan setiap paragraf sudah terpetakan isi maksud teks

Tahap ketiga dan tahap ke empat punya keterkaitan yang sangat erat sekali, jika tahap ke tiga terlaksana dengan baik dan efisien secara tidak langsung tahap 4 juga mulai terlaksanakan meskipun belum seluruhnya namun setidaknya sudah berjalan.

Ketika setiap paragraf sudah ditemukan ide pokoknya itu akan memberikan solusi yang mudah oleh pembaca untuk menentukan dan membuat kesimpulan pada setiap teks bacaan

5. Menyimpulkan teks

Di bagian tahap terakhir ini menyimpulkan teks secara keseluruhan mulai dari tema judul dan intisari dari setiap paragraf gunanya kita bisa mampu menceritakan kembali dengan bahasa kita sendiri.

Menyimpulkan adalah tahap terakhir dalam pembacaan pada tahap ini akan terlaksanakan dengan baik dan benar jika mulai tahap pertama kedua ketiga dan empat bisa terlaksana dengan efisien namun juga akan terjadi hal yang buruk jika sebaliknya tidak terjalankan dengan baik mulai tahap 1 sampai tahap keempat.

Pada tahap ini secara tidak langsung menggambarkan isi daripada teks cara utuh

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam