Tutorial Melacak Hasil Revisian di Word

Revisi dan mahasiswa tingkat akhir seperti sepasang kekasih yang sedang bucin-bucinnya, tidak dapat dipisahkan. Saat proses revisi, seringkali kita tidak mengetahui perubahan apa saja yang kita lakukan. Apalagi kalau sedang asistensi dengan dosbing, pas ditanya apa saja yang kamu revisi, kita pasti sering lupa apa yang dulunya ditulis karena sudah dihapus sana-sini.

Microsoft Word punya semacam fitur yang mampu melacak apa saja yang sudah kita edit. Pelacakan ini membantu kita agar tidak mengulang hasil editan bahkan mampu membantu kita menurunkan plagiarisme dalam tulisan.

Fitur yang mampu melacak revisi kamu di word disebut Track Changes. Fitur ini memiliki banyak opsi yang mampu tidak hanya melihat hasil revision, namun mampu membantu kita mengetahui sudah berapa banyak sih revision yang kita lakukan. Mau tahu caranya? Silahkan ikuti tutorial di bawah ini.

1. Sebelum melakukan revisi, silahkan aktifkan fitur Track Changes Terlebih dahulu. Klik Review>Track Changes (pastikan bagian ini menjadi Gelap setelah di Klik)

Langkah mengaktifkan Fitur Track Changes

2. Isi panel dengan Simple markup di bagian kanan Track Changes agar tampilannya tidak mengganggumu saat editing. Mulailah mengedit.

3. Saat kamu ingin melihat apa saja yang kamu edit, klik Review>Ganti simple Markup menjadi All Markup seperti gambah di Bawah ini.

4. Kamu bisa melihat apa saja yang kamu edit seperti gambar di bawah ini. Tulisan yang diedit ditandai dengan perubahan warna. Kami bisa menyembunyikan tampilannya dengan mengikuti cara nomor 2.

Cara Menonaktifkan Track Changes

1. Setelah kamu merasa sudah cukup melacak editanmu, kamu bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara klik review>Accept>Accept All Changes and Stop Tracking

2. Done

Nah fitur ini sangat membantu buat kamu yang  ingin melakukan parafrase atau melakukan layout terhadap tulisan. Kamu juga melacak dengan cepat bagian apa saja yang sudah kamu edit dengan cepat. Buat kamu yang kesulitan melakukan parafrase dan layouting tulisan, silahkan bertanya dengan cara menghubungi kami di kontak yang tersedia. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!