Turnitin Sebuah Solusi Pencegahan Plagiarism Di Dunia Pendidikan

Kebutuhan akan keaslian dokumen karya tulis ilmiah (KTI) dikalangan dunia Pendidikan semakin meningkat sejak banyaknya kemunculan KTI yang teridentifikasi sebagai hasil plagiat dari orang lain. Oleh karena itulah butuh suatu software untuk mengatasi permasalahan ini yaitu Turnitin.

Turnitin merupakan perangkat lunak yang bertugas mencocokkan data yang ada di database dengan file baru yang diupload apakah ada kemiripan kata atau tidak. Semakin banyak kata yang sama atau similliar dengan suatu KTI maka akan tercap sebagai kata plagiat yang nantinya berpengaruh pada index atau skor Turnitin. Kesamaan penulisan berpengaruh terhadap seberapa besar skor Turnitin.

Plagiat atau sering disebut dengan Plagiarism merupakan tindakan pidana dimana seseorang atau sekelompok orang mencuri hasil karya orang lain baik itu berupa tulisan, karya, ataupun benda. Dikatakan plagiat karena ada unsur kemiripan atau kesamaan yang menyebabkan sulitnya membedakan yang asli dengan yang palsu.

Plagiat sering terjadi didunia pendidikan karena lebih mudah dilakukan. Parahnya lagi selain mengklaim hak milik orang lain menjadi hak milik sendiri, sering kali pelaku plagiat menjual hasil plagiatnya ke orang awal dan menghasilkan uang dari hasil penipuan tersebut.

Didunia pendidikan mahasiswa sering melakukan hal plagiat seperti meng-copy paste hasil karya kakak tingkat atau KTI dari Univ. lain tanpa memparafrasenya. Alhasil ketika dicek di Turnitin ketauan hasil tersebut merupakan tiruan atau copy paste.

Turnitin memang solusi bagi dosen untuk mengetahui apakah mahasiswanya melakukan plagiat tulisan orang lain secara mentah. Turnitin biasanya mendeteksi kemiripan penulisan berupa kata demi kata yang mirip. Biasanya pengecekan Turnitin dilakukan di website resmi yaitu Turnitin.com.

Namun ada juga sebagian mahasiswa dan dosen menggunakan website abal-abal yang akhirnya bukan saja bisa mendeteksi plagiat tapi juga diklaim reposity Canada (karya asli penulis dianggap plagiat). Ini terjadi jika menggunakan Turnitin abal-abal atau gratisan.

Oleh karena itu meskipun Turnitin menjadi solusi mencegah plagiat, teman-teman harus mengeceknya di website resmi yang berbayar bukan gratisan. Artikel yang saya buat ini bertujuan untuk menambah wawasan pembaca agar tahu kalau mengecek Turnitin itu jangan sembarangan dan harus menggunakan Turnitin resmi yang berbayar.

Jika teman-teman berminat untuk memakai jasa pengecekan Turnitin bisa menghubungi saya di kontak/whatsapp ini 082288244230. Selain itu saya juga membuka jasa Parafrase untuk mengecilkan angka Turnitin sesuai standar yang dibutuhkan Kampus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam