Travelling Sambil Mengajar, Berikut 5 komunitas yang Bisa kamu ikuti

Intensitas traveling semakin meningkat seiring dengan dilongggarkannya kebijakan transportasi di Indonesia, setelah kita semua menghadapi pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk tetap tinggal di rumah selama beberapa waktu.

 

5 Komunitas Mengajar di Indonesia

Jika kamu mencari kesempatan berjalan-jalan ke tempat baru sekaligus menggali potensi diri dan bermanfaat di sana, maka berikut beberapa komunitas/gerakan yang memberimu ruang traveling sambil mengajar:

1. 1000 Guru

1000 guru merupakan wadah traveling sambil mengajar pertama, yakni sebuah komunitas dan Yayasan sosial yang bergerak di bidang pendidikan. Hebatnya, komunitas ini sudah ada di 43 regional kota dan berdiri sejak tahun 2012.

Yayasan yang bertempat di Metland Transyogi, Cileungsi, Bogor Jawa Barat ini cukup ramah bagi para traveler kantoran yang hanya bisa traveling di akhir pekan, sebab 1000 guru memang sering berangkat ke lokasi mengajar dari jumat malam dan kembali sekita minggu siang. 

2. Indonesia Mengajar

Siapa yang tidak kenal dengan Yayasan Indonesia Mengajar? Gerakan yang diprakarsai oleh Anies Baswedan ini sejak tahun 2009, tepatnya 13 tahun yang lalu telah aktif mengirimkan putra-putri terbaik negeri untuk mengabdi di pedalaman Indonesia, menciptakan harapan Pendidikan bagi pelosok dan mencetak ratusan kader pemimpin hingga hari ini. 

3. Sikola Cendekia Pesisir

Senang mengunjungi pulau-pulau dengan laut biru dan pasir putih? Maka Sikola Cendekia Pesisir menjadi salah satu referensi komunitas yang cocok untuk kamu. Komunitas yang berdiri pada 18 Agustus 2017 lalu ini, berfokus pada pendidikan anak-anak di pulau-pulau kecil dan pesisir Makassar dan Kabupaten Pangkep. 

4. Sokola Rimba

Sosok Butet Manurung selamanya akan melekat dengan Sokola Rimba, sebuah gerakan sosial mengajar ke daerah pedalaman Indonesia yang telah berdiri sejak tahun 2003. Sokola Rimba berfokus pada penyediaan pendidikan bagi masyarakat adat yang seringkali terisolir dari kehidupan luar. 

5. Sekolah Kolong Project

Sekolah kolong project merupakan proyek sosial pembangunan sekolah di pelosok Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan yang berangkat dari keprihatinan beberapa pemuda akan sebuah kampung terisolir dimana anak-anak disana belajar di kolong rumah warga. 

Sekolah kolong project menerima relawan pengajar yang bersedia mengabdikan diri mereka untuk mengajar di kampung ini, sembari menikmati keindahan alam pegunungan dan beberapa air terjun setempat. 

Itulah beberapa komunitas atau gerakan yang bisa kamu ikuti jika tertarik merasakan pengalaman traveling sambil mengajar. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam