Ingin Liburan ke Bromo? Berikut Tips Travelling ke Bromo Terlengkap dan Wajib Anda Ketahui

Liburan ke Bromo perlu untuk membaca tips travelling ke Bromo terlebih dahulu

Saat musim liburan, tips travelling ke Bromo wajib anda ketahui. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif setinggi 2300 meter di Jawa Indonesia. Gunung ini berhasil menarik ribuan pengunjung dengan menawarkan berbagai pemandangan menakjubkan seperti matahari terbit dan pemandangan campuran bukit pasir vulkanik dan lembah hijau subur.

Namun, untuk mengatur tur ke gunung Bromo sangatlah sulit dan mungkin uang yang telah kamu persiapkan tidak cukup untuk perjalanan tersebut. Untuk membantu anda mengatur perjalan ke Bromo, artikel ini telah menyiapkan tips travelling ke Bromo yang mencakup seluruh hal yang perlu anda ketahui.

Lokasi Tempat Tinggal

Saat mengunjungi Bromo, tips travelling ke Bromo pertama yang perlu anda perhatikan adalah lokasi tempat tinggal. Anda dapat tinggal di salah satu dari tiga kota berikut: Malang, Surabaya, Atau Probolinggo.

Surabaya merupakan kota paling jauh dari Bromo dengan dibutuhkannya waktu 90 menit berkendara. Malang memiliki jarak yang lebih dekat dengan waktu perjalanan sebesar 60 menit berkendara mobil ke Gunung Bromo. Probolinggo sebenarnya menghadap Gunung Bromo.

Jika Anda akan mengunjungi Bromo dari Malang atau Surabaya, Anda perlu mengatur biaya sewa mobil untuk membawa Andai. Biaya sewa mobil dari Surabaya dan Malang adalah Rp 725.000 selama 12 jam, sudah termasuk bensin dan supir. Ini jelas membuat wisata Bromo menjadi lebih mahal.

4 Tips Mudah Proofreading Naskah Bahasa Indonesia

Wisata tur Gunung Bromo

Mengatur wisata tur gunung bromo merupakan tips travelling ke bromo yang selanjutnya perlu anda perhatikan. Berikut adalah 3 tur bromo berdasarkan lokasi penginapan anda:

  • Dari Surabaya : Bromo Midnight Tour

Jika Anda memutuskan untuk memesan hotel di Surabaya, Anda akan mengikuti Bromo Midnight Tour. Dinamakan Midnight Tour karena Anda akan dijemput dari hotel pada tengah malam. Dari Surabaya anda akan langsung diantar menuju Bromo untuk sunrise.

  • Dari Malang : Bromo Sunrise Tour

Bromo Sunrise Tour adalah untuk orang-orang yang ,memilih untuk menginap di Malang (yang lebih dekat ke Bromo). Pengemudi mobil akan menjemput Anda dari hotel pada pukul 3:30 pagi dan akan melakukan perjalanan selama 1 jam 40 menit hingga 2 jam 30 menit. Untuk benar-benar mengunjungi Bromo Anda perlu menukar mobil, karena hanya anggota masyarakat setempat yang dapat mengendarai jip yang Anda perlukan untuk mengunjungi gunung berapi.

  • Dari Probolinggo : Bromo Probolinggo Tour

Bromo Probolinggo Tour adalah yang paling nyaman dari ketiga pilihan tersebut. Hotel-hotel di Probolinggo sebenarnya menghadap gunung berapi Gunung Bromo. Jika Anda tinggal di Probolinggo maka Anda memiliki pilihan untuk berjalan ke viewpoint Penanjakan atau menyewa jeep untuk mengantar Anda ke sana. Ini adalah 3 jam berjalan kaki dari Probolinggo ke Penanjakan, yang berarti Anda harus berangkat sekitar pukul 01:00 – 02:00 untuk mencapai titik pandang matahari terbit (perjalanan hampir semuanya menanjak).

Biaya Masuk

Menyiapkan biaya masuk tersebut merupakan salah  tips travelling ke Bromo yang perlu anda siapkan dari awal. Ada biaya masuk untuk masuk ke Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Untuk orang Indonesia harga masuk ke taman nasional sekitar Rp30.000 per orang. Untuk orang asing, pada hari biasa harga tiket masuk sekitar Rp 215.000 dan pada akhir pekan dan hari libur nasional Indonesia biayanya sekitar Rp 315.000.

Menyewa JIP

Untuk mengikuti tur Bromo, Anda perlu mengatur persewaan jip sebagai tips travelling ke Bromo selanjutnya. Ada dua tur berbeda yang dapat Anda pilih, tur pendek dan tur panjang. Pada tur pendek, Anda akan mengunjungi Penanjakan viewpoint untuk menyaksikan matahari terbit dan mendaki Gunung Bromo, sebelum kembali ke hotel / sopir Anda. Jika Anda melakukan tur panjang Anda akan pergi ke Bukit Savana dan Pasir Berbisik (Sea Sands).

Anda dapat mengatur persewaan jip setibanya di Bromo, tetapi akan lebih mudah dan lebih murah untuk memesan jip terlebih dahulu. Semua persewaan jip di Bromo modelnya hampir sama. Sewa jip Bromo bisa memuat hingga lima penumpang. Harga sewa jeep bromo berubah sesuai musim wisata.

Untuk tur pendek dikenakan biaya Rp 500.000 saat sedang sepi pengunjung dan Rp 650.000 saat ramai pengunjung. Sedangkan untuk tur panjang, dikenakan biaya Rp 700.000 saat sepi pengunjung dan Rp 850.000 saat ramai pengunjung.

Jika Anda mengambil wisata Bromo Midnight atau Bromo Sunrise, Anda perlu berganti mobil menjadi jip untuk sampai ke Penanjakan. Jika Anda menginap di kawasan Taman Nasional Bromo, jeep akan menjemput Anda di hotel.

Tur manapun yang Anda ambil, tempat pemberhentian pertama adalah viewpoint Penanjakan. Di sinilah Anda akan menyaksikan matahari terbit yang merupakan tempat terkenal untuk mengambil foto. Ada sekitar 15 menit yang sempurna untuk mengambil beberapa foto yang menakjubkan dan kemudian selesai untuk hari lain.

Mendaki Bromo

Setelah matahari terbit, jip akan membawa Anda ke kawah Bromo. Dibutuhkan 25 menit berkendara dari Penanjakan ke kawah. Jip akan menurunkan Anda di lantai lembah yang berdebu. Dari sana berjalan kaki santai selama 30 menit ke kawah.

Ini adalah pendakian yang mudah ke puncak kawah Bromo. Di bagian akhir pendakian terdapat tangga beton yang digali ke sisi kawah. Dari puncak Gunung Bromo Anda bisa melihat ke dalam kawah yang biasanya mengeluarkan asap. Banyak penduduk setempat melemparkan sesaji ke dalam kawah.

Tur Jeep Bromo Panjang

Setelah Anda mendaki gunung berapi Anda akan mengunjungi Pasir Laut Tengger dan Bukit Savanna. Bagian dari tur ini memakan waktu sekitar satu jam. Selama tur Anda dapat meminta pengemudi untuk berhenti sehingga Anda dapat mengambil beberapa foto. Daerah ini populer bagi orang-orang yang melakukan motocross off road dan wajib untuk melihat pasir vulkanik..

Di area Savannah Anda dikelilingi oleh pulau hijau (atau coklat-kecoklatan jika musim kemarau). Kunjungan ke dua tempat ini merupakan kesempatan nyata untuk melihat kontras lanskap Gunung Bromo. Dalam tur Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Anda dijamin akan mengambil foto-foto indah yang ingin Anda bagikan dengan keluarga dan teman Anda.

Tips traveling ke Bromo tersebut merupakan tips-tips terbaik yang perlu anda siapkan. Semakin baik persiapan anda, perjalanan anda akan semakin menyenangkan dan tidak menguras dompet anda. Jangan lupa untuk memperhatikan keaktifan gunung bromo sebelum anda berangkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam