Kamu Ingin Meningkatkan Kemampuan Menulis? Cek 5 Tips Berikut Ini

Cara meningkatkan kemampuan menulis

Kemampuan menulis saat ini sudah menjadi salah satu hal yang cukup dibutuhkan bagi banyak orang. Salah satunya ialah untuk berkomunikasi melalui tulisan, terlebih dengan maraknya platform media sosial yang serba menggunakan tulisan.

Kendati dapat didukung menggunakan media audio, visual, ataupun audio-visual, tulisan tetap saja masih menjadi bagian yang penting untuk menjelaskan.

Tak terkecuali dalam dunia pendidikan, kemampuan menulis dapat memiliki peran yang cukup penting. Seperti misalnya untuk menyusun buku, jurnal, laporan, skripsi, tesis, dan beragam tugas-tugas yang lain.

Namun pada kenyataannya, masih terdapat berbagai masalah mendasar yang melingkupinya. Contohnya ialah masih terdapat kesalahan dalam penulisan ‘di’ pisah atau gabung, kemudian yang seharusnya mengubah masih ditulis merubah.

5 Tips Sederhana untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis

Oleh karena itu, kami susun 5 tips sederhana untuk meningkatkan kemampuan menulis khusus buatmu.

1. Banyak Membaca

Tips pertama ini cukup sederhana, sebab dengan membaca, perbendaharaan kata akan bertambah dengan sendirinya.

Kemudian apabila disertai dengan bacaan yang berkualitas, maka struktur tulisan yang dapat diserap tentunya akan ikut berkualitas juga.

2. Akrab dengan KBBI dan Tesaurus

Jangan membayangkan KBBI dan Tesaurus yang baru melihat tebalnya saja sudah pusing itu, karena sekarang sudah mudah didapatkan pada gawai.

Artinya KBBI dan Tesaurus ada dalam genggaman. Dengan keduanya, kita bisa mencari definisi dan persamaan, serta turunan dari kata yang ingin diketahui.

3. Ikuti akun-akun lembaga kebahasaan dan para penulis atau influencer

Saat ini nyaris seluruh lembaga-lembaga pemerintahan memiliki akun media sosial yang bebas diikuti oleh siapa saja.

Tak terkecuali lembaga yang membidangi kebahasaan seperti balai bahasa dan badan bahasa di berbagai daerah yang akan memberi banyak konten-konten kebahasaan yang bermanfaat dan tentu saja dengan penulisan yang telah disesuaikan kaidah yang berlaku.

Ditambah lagi banyak penulis dan juga influencer di berbagai platform media sosial yang terus berbagi pengetahuan kepenulisan melalui akun mereka.

4. Mencoba Menulis

Secara sederhana, menulis merupakan suatu aktivitas yang darinya menghadirkan suatu pengalaman. Dengan mengalami sesuatu, tentunya akan lebih memudahkan subjeknya untuk mengerti dan memahami.

Serta dengan memahami, tentu kemampuan akan meningkat secara langsung, apalagi jika terus diasah dan dievaluasi. Okeh karena itu, cobalah menulis apapun dan dalam bentuk apapun.

5. Hubungi Kami untuk Asistensi

Tips terakhir adalah dengan memanfaatkan asistensi kami, Jagoketik, sebagai partner belajar dalam bidang kepenulisan.

Kami terdiri dari banyak akademisi dengan beragam latar belakang akademis dan pastinya orang-orang yang secara keseharian akrab dengan dunia tulis-menulis.

Oleh karena itu, mulailah simpan nomor kontak kami yang bisa didapat di bawah ini sebab siapa tahu besok atau lusa kamu membutuhkannya.

Semoga dengan tips di atas dapat sedikit membantu untuk meningkatkan kemampuan menulismu. Sampai ketemu di tips-tips selanjutnya.

Amar Abdurrokhman
Artikel ini ditulis oleh Jagoan Ketik

Amar Abdurrokhman

Saya lulusan S1 Sastra Indonesia dan spesialis bidang editorial karya tulis kreatif, proofreading Bahasa Indonesia, dan parafrase untuk meminimalisir plagiat menggunakan Turnitin. Hubungi saya melalui WhatsApp di bawah jika membutuhkan bantuan saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Butuh bantuan penyuntingan, proofreading, dan parafrase? Segera hubungi kami. Online 24 jam.