5 Tips Jalankan Ibadah Puasa dengan Sehat dan Bugar

Puasa yang dilaksanakan pada setiap Bulan Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib untuk seluruh umat muslim. Saat berpuasa, kita harus menahan haus dan lapar selama >12 jam sehingga menyebabkan tubuh tidak terhidrasi dengan baik dan menjadi lebih mudah lemas dibandingkan dengan hari biasa.

Namun, jika puasa dilaksanakan dengan cara yang sehat dan tepat, tubuh akan tetap bugar sepanjang hari.

Berikut 5 tips jalankan ibadah puasa dengan cara yang sehat sehingga tubuhmu tetap bugar.

1. Jangan Lupa untuk Sahur

Makan dan minum saat sahur sangat penting untuk menjaga asupan energi dan hidrasi untuk tubuhmu. Minum air yang cukup dapat menjaga kadar hidrasi dalam tubuh sehingga tidak mudah haus saat siang hari.

Energi dari makanan yang kamu makan saat sahur juga akan membuatmu lebih bertenaga dalam beraktivitas nantinya.

2. Perhatikan Gizi dan Porsi yang Tepat

Makanlah makanan bergizi seimbang dengan karbohidrat, serat dan protein sehingga nutrisi dalam tubuhmu tercukupi. Konsumsi buah dan sayur yang kaya serat dapat membantu mengurangi rasa lapar. Karbohidrat dan protein yang pas juga dapat mengembalikan nutrisi saat kamu berbuka.

Tidak perlu makan yang terlalu banyak karena malah dapat menyebabkan kantuk dan lemas saat siang hari. Makanlah dengan porsi secukupnya saja.

3. Minumlah Air yang Cukup

Kebutuhan air minum yang perlu dicukupi setiap manusia setidaknya 2-3 liter setiap hari. Tubuh kita >60% terdiri dari air, sehingga kurangnya konsumsi air minum dapat menyebabkan tubuh mudah lemas.

Kamu bisa membagi kebutuhan minum harianmu selama waktu berbuka hingga sahur.

Jangan konsumsi minuman yang mengandung kafein berlebihan seperti kopi dan teh, karena mengandung zat diuretic yang malah dapat membuatmu mudah dehidrasi. Hindari juga minuman bersoda yang mengandung gula berlebihan karena dapat menaikkan kandungan gula darah yang tidak sehat untuk tubuhmu.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga juga penting kamu lakukan meski sedang berpuasa untuk tetap menjaga kebugaran tubuhmu. Lakukan aktivitas olahraga ringan setidaknya ±30 menit setiap harinya.

Kamu bisa berolahraga kecil seperti jalan kaki ringan, bersepeda santai, ataupun yoga saat sore hari.

5. Jadwal Tidur yang Cukup

Saat Bulan Ramadhan, selain ibadah puasa, umat muslim juga banyak beribadah saat malam hari seperti tarawih dan tadarus.

Sehingga atur waktu tidurmu agar kamu mendapatkan cukup istirahat dan tidak mudah mengantuk saat siang hari. Kurangi begadang yang tidak perlu saat malam hari sehingga kamu juga dapat bangun untuk sahur dengan mudah.

Nah, itulah 5 tips jalankan ibadah puasa dengan sehat dan bugar. Coba ikutilah tips tersebut sehingga kamu tidak mudah lemas selama Bulan Ramadhan.

Ibadah lancar, tubuh juga tetap sehat dan bugar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam