Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

Memilih sekolah untuk buah hati dapat kalian tentukan dengan baik dan benar demi kemajuan pendidikan anak. memilihnya pun jangan asal pilih dan justru hanya mengikuti trend/orang lain saja. Jangan juga pilih sekolah hanya menuruti gengsi dan gaya semata.

Pemilihan sekolah buah hati dengan teliti semata-mata untuk memberikan efek semangat belajar agar tidak terkendala di tengah jalan. Terdapat beberapa cara yang tepat untuk anda dapat memilih sekolah yang baik untuk perkembangan kemajuan pendidikan anak kalian.

Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

1. Pilih Sekolah dengan Jarak yang dekat dan dapat di akses baik

Salah satu hal yang harus anda diperhatikan saat memilih sekolah untuk buah hati adalah kenyamanan anak saat berangkat ke sekolah. Dengan memilih jarak sekolah yang dengan dan tidak terlalu jauh dengan rumah kalian, akan memberikan buah hati nyaman dan tidak kelelahan di perjalanan. Karena, rasa capek ini dapat menjadikan anak malas dan lelah belajar karena suasana hatinya sedang dalam kondisi yang tidak prima.

2. Pilih Sekolah yang Berpihak pada Kemajuan Perkembangan Buah Hati

Salah satu ciri sekolah yang baik adalah dengan adanya sistem pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan pembelajaran yang terpadu atau secara menyeluruh. Hal ini dapat kalian lihat dari kegiatan proses KBM(kegiatan belajar mengajar).

Cari tahu apakah hal tersebut dapat menunjang perkembangan anak secara maksimal atau tidak. Perkembangan kemajuan yang maksimal tersebut dapat terlihat dari enam aspek, yaitu moral agama, kognitif, bahasa, fisik motorik, sosial emosional, serta seni. Keenam aspek tersebut wajib dan penting untuk perkembangan anak.

3. Gedung dan Keamanan

Faktor gedung sekolah sangat penting untuk diperhatikan. Seperti jumlah toilet di sana, jumlah kelas, jumlah parkiran, dan apakah kondisinya layak untuk anak pakai? Bila muslim, apakah sekolah terdapat mushola dan apakah tempatnya sesuai? Semua ini perlu di perhatikan orang tua. Lalu, dan jangan lupa lihat juga jarak pintu gerbang sekolah, dan sistem penjemputan anak di sekolah tersebut. 

Untuk bangunan yang sudah tua atau rapuh sebaiknya dihindari karena berpotensi runtuh atau menyelakai siswa yang sedang KBM maka dari itu kualitas bahan bangunan perlu diperlihatkan dan di cek apakah kokoh atau rapuh, serta dari luasnya ruangan kelas, agar tidak berdesakan atau berdempetan dengan yang lain.

4. Survey dan Testimoni Orang Tua

Menyeleksi sekolah untuk sekolah anak tentu butuh survey langsung ke sekolah yang akan Anda pilih. Dengan demikian, Anda bisa memutuskan langsung apakah sekolah tersebut cocok atau tidak untuk anak Anda. Selain itu, testimoni orang tua juga bagian penting yang harus Anda ketahui. Anda bisa bertanya kepada orang tua yang anaknya sedang bersekolah di sana. Tanyakan hal-hal seperti kerjasama pihak sekolah jika ada masalah, pergaulan orang tua, dan lain sebagainya. 

5. Keunggulan Sekolah

Keunggulan sekolah harus diperhatikan dari segi fasilitas, alat praktek, dll, karena ini untuk menunjang KBM siswa agar lebih produktif dan aktif, sehingga tercapainya visi dan misi sekolah. Keunggulan sekolah juga dapat dilihat dari akreditas sekolah apakah baik/unggul/A/B, semakin baik akreditas semakin terpercaya sekolah tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam