Terapkan ATS Friendly agar CV dilirik Rekruter

Sudah coba apply ke banyak perusahaan namun tidak kunjung mendapat panggilan? Eits, belum tentu karena skill mu yang kurang mumpuni. Bisa saja CV yang kamu buat masih belum memenuhi “standart” dari perusahaan impianmu.

CV dengan konsep ATS Friendly sudah semakin marak dibahas di kalangan milenial saat ini. Bahkan tidak sedikit beberapa StartUp mengadakan sebuah webinar untuk membedah tips & trik serta mempraktikan secara langsung pembuatan CV berkonsep ATS Friendly.

ATS sendiri merupakan singkatan dari Applicant Tracking System. Software yang sudah mulai banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar ini berfungsi untuk mempermudah proses perekrutan karyawan dengan standar kualifikasi yang sudah ditentukan oleh perusahaan terkait.

Mengutip CNBC ada sebanyak 75% CV pelamar kerja yang tidak pernah dilihat oleh rekruter. Hal tersebut karena CV yang dikirimkan tidak lolos seleksi software ATS tersebut.

5 Tips Agar CV Dilirik Rekruter

Nah, untuk mempermudah CV mu dilirik oleh rekruter berikut ada beberapa poin penting yang bisa kalian aplikasikan di CV kalian :

1. Pilih Template yang Sederhana

Membuat kreasi pada template CV memang tidak dilarang, namun jika kalian menggunakan template yang ringkas dan sederhana, CV kalian akan mudah dibaca oleh software ATS.

Tidak perlu banyak bagan rumit dan usahakan CV kalian tidak lebih dari satu halaman ya. Saat ini sudah banyak kok template CV ATS Friendly.

2. Pemilihan Font yang Sesuai

Kalian wajib gunakan font yang mudah dibacaya. Beberapa font formal yang bisa kalian gunakan seperti contohnya adalah Arial, Times New Roman, Calibri, Cambria, Helvetica, Georgia dan Verdana.  Jenis-jenis font tersebut termasuk ATS Friendly loh.

3. Tulis Judul Bagian CV dengan Jelas

Di dalam CV pasti kalian menulis beberapa judul bagian penting bagi rekruter. Judul bagian tersebut cukup kalian tuliskan dengan jelas seperti: Profile, Contact, Education, Work Experience dan Skills.

Jangan diganti dengan : About Me, How To Reach Me, My Studies History, Where I Have Worked, What I am Capable of. Istilah-istilah tersebut tidak akan terbaca di software ATS.

4. Gunakan Keyword yang Sesuai dengan Posisi yang Dilamar

Hal penting lain adalah gunakan keyword-keyword yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu melamar sebagai digital marketing maka sebutkan work experience mu yang sesuai dengan bidang tersebut dalam bentuk poin-poin.

Hindari penjabaran pekerjaan sebelumnya dalam bentuk paragraf dan ganti dengan poin-poin agar mudah dibaca oleh software ATS. Dan usahakan kamu menuliskan isi CV mu dengan Bahasa Inggris ya.

5. Simpan CV dalam Format PDF

Hal terakhir yang tidak boleh disepelekan adalah jangan lupa simpan file CV kalian dalam format PDF. Mengirim file CV dalam format PDF lebih memudahkan proses screening oleh rekruter. Keunggulan lain dari format PDF ini adalah tampilan dokumen lebih konsisten dan file kalian tidak bisa dengan mudah diedit sembarangan oleh orang lain.  

Selamat mencoba, semoga CV kalian segera dilirik oleh rekruter ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Butuh bantuan untuk edit format, pembuatan jurnal serta karya ilmiah lainnya? Chat sekarang di WhatsApp!