Step Penulisan Jurnal Internasional

Unsplash/greenchameleon

Lolos review sehingga jurnal bisa terpublikasi adalah hal yang diinginkan setiap penulis. Kadang penulis tidak fokus pada hal-hal penting yang harus dilakukan saat menulis sebuah jurnal. Sehingga meski hasil penelitian sangat menarik dan bermanfaat untuk masyarakat dan pembaca, jurnal tidak bisa lolos review. Nah kali ini penulis akan memberikan beberapa tips dan catatan untuk menyusun sebuah jurnal.

Judul Sesuai dengan Hasil Penelitian

Berbeda dengan judul awal penelitian, penentuan judul jurnal harus menggambarkan hasil penelitian. Tujuannya agar reviewer atau pembaca langsung mengetahui hal menarik dan pentingnya jurnal yang ditulis. Sehingga ketepatan judul harus sesuai, yakni mencerminkan hasil penelitian yang akan dituangkan dalam artikel.

Abstrak Ditulis dengan Menekankan Tiga Hal Penting

Selain penulis tidak perlu memasukkan refrensi jurnal dalam abstrak, terdapat tiga hal penting yang harus ada dalam abstrak, yakni latar belakang yang terdiri dari satu atau dua kalimat, kebaruan ide yang tertulis dengan jelas menggunakan kata yang tajam dan percaya diri. Pemilihan kata tersebut sangat penting untuk menunjukkan bahwa kita memahami tujuan penulisan jurnal. Dan hal ketiga yakni ringkasan hasil pengujian yang ditulis secara jelas dan menarik.

Susun Introduction dengan Mengulas Fakta Menarik

Gunakan bahasa dan kata sesuai dengan gayamu untuk menyusun introduction, hal tersebut bertujuan menghindari deteksi plagiasi. Caranya dengan banyak membaca tentang isu atau masalah yang diteliti. Selain itu, perlu diingat bahwa dalam menyusun introduction bukan hanya memuat latar belakang tapi juga memaparkan kontribusi utama paper, namun juga menunjukan bahwa tulisan tersebut penting untuk menyelesaikan atau menjawab suatu masalah. Jangan lupa bandingkan dengan jurnal yang sudah ada dengan menonjolkan kelebihan jurnal penelitian yang tengah kita buat.

Lakukan Review Pada Literature yang Digunakan

Dalam menulis literature hal yang perlu diingat adalah tidak hanya menulis hasil temuan penelitian sebelumnya. Lakukan review literature dengan mengulas secara detail, serta tunjukan bahwa kita sudah membaca dengan benar paper sebelumnya. Selain itu, dalam literature tunjukan kekurangan atau kelemahan sistem maupun model yang digunakan. Jika terdapat kelebihan dalam paper juga sebutkan secara seimbang.

Jabarkan Result & Discussions Secara Jelas Sekaligus Cara Memperoleh Data

Penulisan result dan discussions terkait dengan cara melakukan evaluasi terhadap sistem atau hal yang diusulkan. Dalam penulisannya peneliti menjelaskan cara mengevaluasi, cara mengobservasi dan sumber data penelitian harus ditulis secara jelas. Penulisan result dan discussions harus memiliki kebaruan ide, solusi dan tidak pernah dibayangkan banyak orang.

Conclusion Harus Berbeda dari Isi Pembahasan

Terakhir adalah kesimpulan atau conclusions. Dalam hal ini peneliti dilarang untuk meng-copy kata-kata yang sudah ditulis di bab-bab sebelumnya, karena reviewer akan melihat ketidak niatan penulis, jadi tuliskan ringkasan hasil pengujian dengan bahasa yang berbeda dari isi hasil dan pembahasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!