10 Istilah di Dunia Perkuliahan yang Wajib Maba Ketahui!

Beberapa waktu yang lalu, satu per satu jalur penerimaan mahasiswa baru telah diumumkan. Oleh karena itu, banyak hal yang perlu kamu persiapkan sebagai mahasiswa baru, salah satunya yaitu mengetahui istilah-istilah penting di dunia perkuliahan.

Lalu, apa saja sih istilah-istilahnya? Mari kita bahas satu persatu.

1. KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

KTM atau Kartu Tanda Mahasiswa merupakan tanda pengenal, seperti halnya Kartu Pelajar. KTM dapat kamu gunakan untuk memperoleh fasilitas yang disediakan oleh kampus. Misalnya: KTM digunakan untuk meminjam buku perpustakaan, menggunakan transportasi umum, mendaftar beasiswa, dan lain sebagainya.

2. UKT (Uang Kuliah Tunggal)

UKT atau Uang Kuliah Tunggal merupakan biaya yang harus kamu bayar tiap semester. Besar biaya UKT biasanya memiliki golongan tertentu dan berbeda-beda tiap jurusan.

3. SKS (Satuan Kredit Semester)

SKS menunjukkan bobot mata kuliah yang kamu ambil. Tiap mata kuliah memiliki SKS yang berbeda-beda. Misalnya: mata kuliah skripsi memiliki bobot 6 SKS dan mata kuliah metode penelitian memiliki bobot 3 SKS.
Biasanya, SKS sudah terpaketkan dalam satu semester atau mahasiswa dapat memilih sendiri mata kuliah yang diinginkan, dan hal tersebut tergantung kebijakan kampus.

4. KRS (Kartu Rencana Studi)

KRS atau Kartu Rencana Studi merupakan kartu yang berisi daftar mata kuliah yang kamu ambil di semester yang akan datang.

5. Transkrip Nilai

Jika di bangku sekolah kamu mengenal dengan istilah “Rapot”, maka di perkuliahan ada istilah “Transkrip Nilai”. Transkrip nilai berisi nilai kamu selama di perkuliahan dan akan diperbarui secara kumulatif tiap semester.

6. IPS (Indeks Prestasi Semester)

IPS atau Indeks Prestasi Semester merupakan nilai rata-rata yang didapatkan tiap satu semester. IPS memiliki rentang nilai dari 0 sampai 4.

7. IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)

IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan gabungan dari nilai rata-rata tiap semester. Sama halnya dengan IPS, IPK juga memiliki rentang nilai dari 0 sampai 4.

8. KKN (Kuliah Kerja Nyata)

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan perkuliahan dalam bentuk pengambdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. KKN biasanya dilakukan menjelang akhir masa perkuliahan.

9. HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)

HMJ atau Himpunan Mahasiswa Jurusan merupakan sesbuah organisasi kemahasiswaan tingkat jurusan.

10. UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Jika di bangku sekolah kamu mengenal istilah “Ekskul atau Ekstra Kulikuler”, maka di dunia perkuliahan terdapat istilah “UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa”. Jenis UKM di kampus biasanya sangat beragam, sehingga kamu dapat mengikuti sesuai hobi maupun minat yang kamu miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.