Setting tanda (.) dan (,) di Microsoft Excel untuk data akuntan.

Halo apa kabar nih? tak terasa bulan pertama di 2024 sudah selesai dan masuk ke bulan Februari. Abang doakan semoga kalian selalu diberian kesehatan dan kesukseskan sepanjang 2024 ini.

Pada kali ini saya akan memberikan tutorial sederhana untuk Microsoft Excel. Pada tutorial kali ini akan dibagi ke berbagai part. Masing-masing part akan menjelaskan 1 trik atau setting di Microsoft Excel.

Pada part kali ini abang akan kasih tahu cara mengubah (.) dan (,) di Microsoft Excel. Biasanya ini akan berpengaruh saat baca terutama kita pengguna Bahasa Indonesia.

Pada Bahasa Indonesia, misalkan penulisan angka 1000,25 biasanya ditulis dengan tanda pemisahnya menjadi 1.000,25. Tapi berbeda bila di Bahasa Inggris, maka angkanya menjadi 1,000.25.

Ini apabila di penulisan karya ilmiah menjadi salah karena perbedaan tanda pemisah ini. Jadi mau tahu caranya agar tidak bingung? so check this out!

Contoh

Kali ini abang akan memberikan contoh kasusnya adalah tabel NFC dalam penghitungan Payback Period. Berikut bentuk tabelnya:

Gambar 1 Contoh kasus

Pada tabel diatas terlihat pada penulisan angka ribuan dengan pemisah (,) dan untuk desimal (.). Agar sesuai dengan penulisan dengan Bahasa Indonesia maka kita perlu setting terlebih dulu.

Pertama klik File >> More >> Option. Nanti akan tampil pilihan menu ‘Excel Options‘ sebagaimana pada tampilan dibawah ini.

Gambar 2 Tampilan ‘Excel Options’

Berikutnya pilih menu ‘Advanced‘ selanjutnya subtab ‘Editing Options’. pada daftar editing lihat pilihan settingDecimal separator‘ dan ‘Thousands separator‘.

Hilangkan centang pada ‘Use system separator’ dan atur untuk desimal dan hitungan ribuannya. Seperti pada gambar dibawah ini:

Gambar 3 Setting separators

Selanjutnya pilih ‘Ok’ pada bagian bawah. Hasilnya adalah pada penempatan (.) dan (,) akan berubah sebagaimana gambar ini:

Gambar 4 Perubahan setelah setting

Sekian dulu tutorial untuk setting di Microsoft Excel, berikutnya abang akan kasih tahu trik atau setting lainnya, so see you next month..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam