Serba-Serbi Taktik dalam Marketing Public Relations (Bagian 1)

Dalam menjalankan kegiatan Marketing Public Relations, perusahaan membutuhkan taktik-taktik mumpuni yang dapat menyasar secara tepat target konsumen mereka. Adanya penggunaan taktik yang sesuai, tentu akan mempengaruhi produk dan layanan yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut, baik itu mengalami peningkatan penjualan ataupun menimbulkan awareness. Beberapa taktik yang dapat digunakan oleh perusahaan dalam memaksimalkan kegiatan Marketing Public Relations diantaranya sebagai berikut:

: Serba-Serbi Taktik dalam Marketing Public Relations (Bagian 1)

Award

Award merupakan taktik dalam MPR yang bertujuan untuk meningkatkan emosi dari konsumen melalui apresiasi dan reward yang nantinya didapatkan melalui beberapa kategori-kategori menarik yang telah ditentukan perusahaan. Taktik ini juga bisa dijalankan dengan bantuan partnership, sehingga exposure yang diperoleh juga cukup tinggi dengan adanya sponsor dan publikasi media. Selain meningkatkan penjualan, adanya taktik award ini juga mampu meningkatkan hubungan kerja sama, loyalitas dan juga awareness pada konsumen.

Augmented Reality

Di dalam MPR, augmented reality merupakan salah satu taktik yang dapat digunakan oleh suatu perusahaan untuk membuat konsumen merasakan dan melihat tampilan secara virtual dari produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Taktik ini cenderung memfokuskan pada aktivitas digital, dimana bantuan kamera menjadi faktor pendukung berjalannya taktik.

Brand Ambassador

Taktik dengan menggunakan brand ambassador dapat berdampak positif bagi penjualan produk. Terlebih, jika brand ambassador merupakan influencer yang telah memiliki nama dan citra baik ditengah konsumen. Hal ini mampu membuat produk terepresentasikan sebagai produk yang menarik, banyak digunakan oleh konsumen, dan bisa saja menjadi trend karena disajikan oleh individu dengan popularitas.

Blog

Taktik MPR dengan menggunakan blog juga dapat meningkatkan interest konsumen, dimana blog sendiri merupakan suatu website berisikan informasi berupa gambar, video, bahkan tulisan yang disajikan secara menarik dengan tujuan untuk menjawab kebutuhan dan pertanyaan dari para konsumen. Dikarenakan blog juga berbasiskan online, tentunya akan mampu memberikan kemudahan dalam aksesibilitas dan juga meminimalisir cost bagi para konsumen yang membutuhkan suatu informasi.

Close Range

Taktik MPR ini cenderung berfokus pada pemanfaatan perangkat yang mampu menjalankan bluetooth dan wifi seperti smartphone. Dalam taktik close range, perusahaan biasanya memanfaatkan bluetooth dan wifi ini untuk mengirim baik itu promosi ataupun sekilas informasi terkait produk kepada konsumen ketika mereka tengah berbelanja. Jika konsumen melakukan klik pada tombol “ya” atau “accept”, maka tandanya mereka memberi izin pada perusahaan untuk mengirim lebih banyak pesan terkait penawaran khusus mengenai produk yang mereka tawarkan.

Email Marketing

Seperti namanya, taktik MPR ini menggunakan email sebagai media promosi perusahaan. Biasanya perusahaan sebagai pihak pemasar akan mengirim email kepada calon konsumen maupun konsumen tetap dengan tujuan untuk menawarkan produk dan menimbulkan awareness sehingga dapat menambah jumlah konsumen baru. Tidak hanya itu, penggunaan email sebagai taktik pemasaran juga bertujuan untuk memberikan update atau informasi terkini mengenai produk terbaru secara online sehingga informasi disampaikan dengan lebih efektif dan efisien karena menyasar langsung pada personal konsumen. Email yang nantinya dikirimkan kepada konsumen, juga dapat menguatkan hubungan kerja sama antara perusahaan dengan para konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam