Seberapa Penting Kesehatan Mental dan Bagaimana Menjaganya

Menjaga kesehatan mental adalah hal yang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Kondisi mental yang sehat akan membuat seseorang bertindak positif, sehingga secara emosional, psikologis, dan sosial tubuh akan berfungsi dengan baik. Kesehatan mental juga membantu dalam menentukan cara untuk mengelola stres, berhubungan dengan orang lain, dan membuat pilihan-pilihan hidup.

Kesehatan mental yang terganggu akan mempengaruhi perilaku dan kualitas hidup seseorang. Pikiran dan suasana hati akan berubah sehingga individu akan merasa tidak nyaman. Fisik juga akan ikut terpengaruh seperti susah tidur (insomnia), sering merasa lelah, mudah tersinggung, mudah bosan, cenderung tidak mau beraktifitas, sulit berkonsentrasi, dan sebagainya.

Sebagai manusia, kita tidak dapat lari dari masalah kesehatan mental. Sangatlah wajar jika individu mengalami masalah psikososial pada fase tertentu dalam hidupnya. Hal ini dikarenakan banyaknya faktor yang dapat memengaruhi kesehatan mental, seperti biologis, psikologis, pengalaman hidup, dan riwayat keluarga. Namun, yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa menjaga sekaligus mencegah gangguan yang lebih serius.

Kita bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk menjaga mental kita tetap sehat

1. Kendalikan emosi

Tidak ada salahnya jika kita belajar untuk tetap tenang dan tidak mudah tersinggung dengan apa yang dikatakan orang lain. Hadapi apapun perkataan mereka dan ambil sisi positifnya.

2. Cobalah hal-hal baru

Jika kita memiliki waktu luang tapi bosan dengan aktivitas yang sama, maka kita dapat mengisinya dengan mencoba hal baru. Kita dapat mencoba hobi atau kegiatan yang baru, baik sendiri atau bersama teman dan keluarga.

3. Mengobrol dengan orang lain

Berkomunikasi dengan orang yang kita percaya dapat mengurangi beban pikiran yang kita pikul.

4. Pergi ke luar rumah

Sebaiknya kita meluangkan waktu untuk duduk atau berjalan-jalan di ruang terbuka yang dikelilingi pepohonan dan udara segar. Meski hanya 10 menit sehari, kegiatan ini dapat menyegarkan fisik dan mental kita.

5. Berolahraga

Selalu luangkan waktu untuk berolahraga, makan dan makan sehat agar kita semakin prima dalam beraktivitas.

6. Melakukan meditasi

Kita dapat mencoba meluangkan setidaknya 10-15 menit dalam sehari untuk bermeditasi. Hal ini dapat membantu kita menjadi lebih rileks.

7. Tersenyum

Meskipun ini mungkin tampak remeh, senyuman selalu dapat mengubah dunia menjadi lebih positif.

8. Cukupkan istirahat

Untuk mencapai kesehatan mental yang optimal, kita perlu istirahat yang cukup setelah melakukan aktivitas sehari-hari.

Kesehatan mental yang optimal akan membuat kehidupan kita menjadi lebih baik. Oleh karena itu, mari kita selalu optimis, bersikap positif, dan tetap bahagia. Namun jika ada gejala gangguan kecemasan atau gelisah yang berlebihan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam