Review Series – Strong Girl Nam-Soon

Tidak disadari udah masuk akhir bulan tahun 2023, bagaimana target kalian untuk 2023? semoga berjalan dan telah sesuai dari perencanaan kalian yah.

Kali ini abang akan bahas series yang hype di salah satu provider ternama yaitu Netflix dengan judul series Strong Girl Nam-Soon. Series ini melanjutan francise Strong Girl Bong-Soon yang sebelumnya dibuat pada tahun 2017.

Secara genre series Strong Girl Nam-Soon masih sama dengan pendahulunya yaitu komedi dan romantis. Menariknya series ini adalah adanya sisi lain dari cerita perempuan kekuatan ini.

Review ini mengandung spoiler yah, jadi penasaran soal Strong Girl Nam-Soon? so check this out!

Deskripsi Series

  • Sutradara: Kim Jung-Sik
  • Writer: Baek Mi-Kyeong
  • Produksi: JTBC, Netflix
  • Episode: 16 Episode
  • Negara: Korea Selatan

Ada seorang anak kecil bernama Gang Nam-yang hilang saat di Negara Mongolia. Saat ditemukan oleh keluarga Mongolian bernama Koko dan Jol Jaya, terlihat kalau bocah ini memiliki kekuatan super.

Anak ini dinamain pasangan ini dengan nama Testseg selama hidup di Mongolian. Setelah usaia cukup akhir Testseg pergi ke Gangnam, Seoul untuk mencari orang tuanya.

Selama Testseg hilang ternyata ibunya yaitu Hwang Geum-Ju setiap tahunnya membuat sayembara untuk mencari anaknyanya yang hilang, tapi sayang hal itu belum mendapatkan hasil.

Setelah 10 tahun membuat sayembara, akhirnya ada anak yang kuat yaitu Ri Hwa-Ja yang menyamar dan kerja sama dengan panitia acara agar seolah-olah Gang Nam-Soon telah ditemukan.

Akhirnya setelah Gang Nam-Soon datang di Korea Selatan, berbagai kejadian membuat akhirnya ibunya dapat mengenali anak aslinya dan mereka pun dipertemukan.

Berbagai permasalahan dilewati oleh keluarga Gang Nam-Soon ini, seperti kejahatan yang dilakukan preman, penipuan investasi sampai masalah narkoba yang melibatkan seluruh Korea Selatan.

Ri Hwa-Ja pun sempat berkali-kali mencoba membunuh Gang Nam-Soon tapi gagal karena begitu kuatnya Gang Nam-Soon walau akhirnya Ri Hwa-Ja pun menyerah dengan tindakannya.

Permasalahan percintaan pun di sajikan di series ini dari karakter Hwang Geum-Ju yang punya masalah keluarga dengan suaminya Gang Bong-Go yang sempat menghilangkan Gang Nam-Soon.

Sampai dengan masalah saudara kembarnya Gang Nam-Soon yaitu Gang Nam-In yang selalu makan. Masalah percintaan lainnya pun dialami oleh neneknya Gang Nam-Soon yaitu Gil Joong-Gan.

Si nenek terlibat percintaan segitiga karena suaminya sempat menghilang selama 10 tahun tapi kembali lagi dan Nenek Gang Nam-Soon sempat move on dan mencari pasangan baru bernama Seo Jun-Hee.

3 generasi wanita yang memiliki permasalahan cintanya masing-masing sambil memberantas permasalahan di Korea Selatan. Konsep itu yang menjadi dasar dari cerita Strong Girl Nam-Soon.

Review Series

Setelah abang menonton series ini, di awal disajikan rapih oleh sutradara ini. Menceritakan awal hilangnya Gang Nam-Soon sampai dia tumbuh dewasa dengan kelebihannya yaitu kekuatan yang super kuat.

Masuk cerita tentang Gang Nam-Soon yang masuk ke Korea Selatan dengan pesawat. Saat mau sampai ternyata ada kendala di pesawat membuat Gang Nam-Soon menghentikan kecelakan pesawaat yang dia tumpangin.

Setelah itu sempat ada masalah di imigrasi dan menjadi awal ketemu antara Gang Nam-Soon dengan Kang Hee-Sik yang pada saat itu sedang melakukan sidak terkait penyeludupan narkoba.

Intrik percintaan antara Kang Hee-Sik dengan Gang Nam-Soon ini terkesan di paksakan karena kurangnya sisi chemistry di keduanya. Dua karakter ini dibangun dengan sedikit sekali scene yang menampilkan mereka berdua.

Justru lebih banyak scene antara Ryu Si-O sebagai karakter antagonis di series ini dengan Gang Nam-Soon. Ini membuat sampai akhir pun dua karakter ini menjadi sangat melibatkan emosi love hate.

Gang Nam-Soon yang melihat Ryu Si-O ini sangat kesepian dan ingin ditemani tapi masalahnya Ryu ini adalah penjahat yang tindakannya selain membunuh juga menyebarkan narkoba yang sempat menyerang saudaranya yaitu Gang Nam-In.

Berbeda dengan cerita Do Bong-Soon yang sebelumnya, baik karakter utama perempuan dan laki-laki ini memiliki chemistry yang lebih kuat karena scene kebersamaannya dengan An Min-Hyuk cukup intens.

Justru percintaan neneknya yaitu Gil Joong-Gan yang lebih kuat daripada cerita cinta Gang Nam-Soonnya itu sendiri. Padahal ini series tentang Gang Nam-Soon bukan neneknya.

Terkesan si penulis yaitu Baek Mi-Kyeong terlihat kebingungan dalam membangun cerita keluarga kuat ini. Selain itu beberapa kali scene bapak dan ibunya Gang Nam-Soon yang memperlihatkan masalah percintaannya pun terlihat dipaksakan.

Adanya scene kerja sama dalam menolong anaknya Gang Nam-In dari narkoba dan cemburunya Gang Bong-Go sama istrinya karena terlihat dekat dengan karakter Bread Song.

Tapi dua scene terkesan begitu saja dan nanggung, penulis cuma ingin memberikan kesan kalau percintaan ibunya Gang Nam-Soon ini ada loh.

Walau demikian penyelesaian dari series ini cukup rapih dan tidak terkesan buru-buru, mulai terlihat kuncinya di episode 13. Membuat ada waktu pertarungan terakhir antara Ryu Si-O dan Gang Nam-Soon.

Walau sampai akhir pun percintaan Gang Nam-Soon dan Kang Hee-Sik disajikan begitu saja. Percintaan dibangun atas dasar kebetulan. Tidak ada cerita sebab akibat yang jelas dalam proses percintaan Gang Nam -Soon.

Fokus cerita lebih bagaimana tokoh wanita dan laki-laki utama dalam mengatasi masalah narkoba yang dari episode 1 sudah diperlihatkan dan menjadi masalah utama pada series ini.

Penilaian Series

Untuk series Strong Girl Gang Nam-Soon, abang kasih rating 6. Abang kasih lihat karena di awal series dan akhir dari series cukup rapih dari awal permasalahan sampai penyelesaian masalah dari series ini.

Berawal dari indikasi narkoba tipe baru sampai menangkap semua orang yang terlibat dari narkoba ini seperti pemiliki, pembuat dan penyebarnya.

Tapi karena ini series ini genrenya romantis dan komedi, harusnya kuat disana. Sayangnya itu kurang di implementasi oleh sutradara.

Sisi komedi beberapa kali terlalu cringe dan untuk romantis justru peran pembantu khususnya nenek dari Gang Nam-Soon lebih disorot oleh sutradara.

Sebagai contohnya, adanya scene perebutan si nenek antara pacar dan suaminya yang sudah hilang 10 tahun. Tapi tidak ada persaingan atau duel merebutkan perhatian Gang Nam-Soon antara karakter utama lak-lakinya.

Hal itu pun jadinya berdampak penilaian akting yang dilakukan Kang Hee-Sik yang menurut netizen Korea Selatan pun kurang karena kurangnya membangun chemistry dengan Gang Nam-Soon.

Gimana menurut kalian? apakah kalian penasaran atau ada yang sedang nonton? ayo kalian nonton series ini, series ini baru selesai episode terakhir di tangal 26 kemarin.

Jadi selamat menikmati series ini di Netflix dan tunggu review-review lainnya dari abang, bye-bye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam