Rekomendasi Kamus Bahasa Arab

Mendalami dunia bahasa Arab selalu berhubungan erat dengan kamus. Khususnya bagi kita yang ghairu nathiqiina bihaa (penutur asing). Sejak awal pembelajaran bahasa Arab kebutuhan terhadap kamus sudah mulai terlihat. Terlebih salah satu faktor yang menunjang kecakapan dalam berbahasa Arab adalah dengan memperbanyak kosa kata dalam percakapan sehari-hari.

Adanya kamus juga sangat menunjang terhadap terlaksananya program-program pengembangan bahasa asing, seperti halnya pembentukan lingkungan berbahasa dalam upaya membiasakan para pembelajar bahasa mempraktekkan kemampuan berbahasanya dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan menjadikan bahasa yang sedang dipelajari sebagai bahasa utama dalam percakapan, maka saat ada kosa kata yang belum diketahui, peran kamus sangat penting di sana.

Berikut kami rekomendasikan beberapa Kamus Bahasa Arab yang cocok bagi pemula sampai professional.

Kamus Mahmud Yunus

Sebagai pelajar dan pemula dalam mempelajari bahasa Arab, kamus edisi cetak yang sangat recommended adalah Kamus Arab-Indonesia dan Indonesia-Arab yang ditulis oleh Prof. Dr. H. Mahmud Yunus. Kamus ini cukup popular di kalangan santri karena ukurannya yang tidak begitu tebal dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau. Di dalamnya juga terdapat beberapa kosa kata yang diilustrasikan dalam bentuk gambar sehingga bisa lebih diingat oleh pembaca. Harga kamus ini di online market place berkisar pada harga Rp. 60.000 sampai Rp. 100.000.

Kamus Al-Munawwir

Rekomendasi kamus bahasa Arab yang kedua adalah kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia dan Al-Munawwir Indonesia-Arab. Kamus ini cocok untuk pelajar di usia SMA/MA. Lebih lengkap dari kamus Mahmud Yunus dan lebih tebal jumlah halamannya. Kamus ini merupakan buah karya dari KH. Ahmad Warson Munawwir, pendiri dan juga pengasuh Pondok Pesantren Al-Munawwir. Kamus ini merupakan kamus yang legendaris karena pertama kali diterbitkan secara masal pada tahun 1980-an. Di balik ketebalan kamus Al-Munawwir ini, ada pesan tentang kesungguhan, keuletan, kerja keras dan juga keikhlasan dari sosok Mbah Warsun, karena proses penyusunan kamus ini berlangsung kurang lebih selama 10 tahun. Sungguh kesabaran yang luar biasa.

Kamus Al-Munjid Fii Al-Lughah wal A’laam

Kamus yang satu ini merupakan kamus yang cocok digunakan untuk kalangan yang sudah memahami bahasa Arab dan memiliki keahlian berbahasa pada level proficient dan fluent. Hal ini karena kamus Al-Munjid ini mengartikan kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan bahasa Arab. Kamus yang ditulis oleh FR. Louis Ma’luf dan Bernard Tottel ini begitu akrab dan tidak asing bertengger di pesantren-pesantren yang menerapkan program bilingual. Bahkan, kamus ini dijadikan rujukan untuk pelaksanaan program fathul mu’jam. Sebuah program untuk mengajarkan cara-cara menggunakan kamus Bahasa Arab. Berbeda dengan kamus Mahmud Yunus dan kamus Al-Munawwir, kamus Al-Munjid ini diketik dalam ukuran font yang sangat kecil sehingga dalam penggunaannya memerlukan ketelitian yang tinggi, namun hal ini tidak mengurangi besarnya manfaat yang terkandung di dalamnya. Di dalam kamus ini kaya dengan gambar-gambar baik peta maupun tokoh-tokoh yang menjadikan nilai desain grafisnya lebih menarik.

Kamus Almaany

Ini merupakan rekomendasi kamus yang terakhir dari kami. Namun, kamus ini adalah kamus yang sangat praktis dan fantastis. Kamus ini mendukung untuk digunakan dalam 9 bahasa dan telah tersedia baik versi online maupun offline. Al-Maany versi offline bisa didapatkan dengan menginstalnya secara gratis di Google Play Store, sedangkan versi onlinenya bisa dengan mengunjungi website almaany.com.

Adapun 9 bahasa yang mendukung terhadap kamus al-maany ini di antaranya adalah;

  • Bahasa Inggris
  • Bahasa Prancis
  • Bahasa Spanyol
  • Bahasa Portugal
  • Bahasa Turki
  • Bahasa Persia
  • Bahasa Asbania
  • Bahasa Almania dan
  • Bahasa Indonesia

Tidak hanya pada penerjemahan dari bahasa ke bahasa saja, Al-Maany juga menyediakan aplikasi sinonim dan antonim dalam Bahasa Arab. Sedangkan di versi websitenya, Al-Maany juga menyediakan contoh penyusunan kosa kata dalam sebuah kalimat bahasa Arab yang langsung ada terjemahannya.

Itulah rekomendasi kamus bahasa Arab yang bisa dicoba oleh pembaca sekalian. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam