Procrastination? Ini Tips untuk Menghindarinya

Procrastination merupakan suatu kebiasaan untuk menunda atau membatalkan hal-hal yang seharusnya akan dikerjakan untuk suatu kurun waktu tertentu.

Beberapa penyebab terjadinya procrastination ini antara lain, merasa lelah, tidak dapat memutuskan untuk memulai dari mana terlebih dulu, menyalahkan mood atau merasa tidak memiliki mood untuk mengerjakannya, atau bisa juga sedang merasakan adanya suatu tekanan atau depresi.

Pelaku procrastination atau penundaan ini, tidak berarti bahwa orang tersebut itu adalah pemalas.

Saat seseorang mengalami tekanan karena aktivitas atau tugas yang akan atau harus dilakukannya terasa sulit, otak akan menilai aktivitas yang harus dilakukan itu sebagai suatu ancaman, dan sebagai bentuk perlindungan diri, maka kamu akan berusaha untuk menghindari aktivitas tersebut.

Procrastionation merupakan suatu aktivitas yang sering dipandang buruk dan merugikan.

Pelakunya dinilai tidak mampu untuk melakukan manajemen waktu dengan baik, kurangya kemampuan dalam mengelola emosi yang memiliki dampak langsung terhadap perasaan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kita terapkan untuk terhindar dari procrastination :

1. Menghindari penyebab procrastination

Procrastination sangat menggoda di awal, namun jika keingiinan untuk menunda ini muncul, ingatlah berbagai hal yang ingin diraih.

Dan dengan penundaan akan membuat kita lebih lama meraihnya. Namun saat merasa lelah, sebaiknya istirahat yang cukup sehingga stamina kembali pulih.

2. Menetapkan skala prioritas

Dalam setiap kesempatan, usahakan untuk membuat skala prioritas, yang akan membantumu lebih fokus dan bisa lebih cepat dalam mencapai tujuan dan target.

3. Jangan ragu untuk memulai

Ketika ragu untuk memulai, berpikirlah bahwa semakin lama kamu memulai maka akan semakin lama selesainya. Jangan takut untuk melakukan kesalahan, karena kamu akan dapat belajar dari kesalahan yang ada.

4. Percaya akan kemampuan diri

Jika kita merasa sulit untuk mengerjakan, bukan berarti kita dinilai tidak mampu. Setiap orang memiliki ketrampilan yang selalu dapat diasah.

5. Memaafkan diri sendiri

Sebagai manusia, wajar jika kita melakukan kesalahan. Tidak ada manusia yang sempurna, jangan jangan mengharapkan kesempurnaan. Lakukanlah yang terbaik yang kamu bisa, dan belajar untuk mengakui kesalahan, terus berkembang dan introspeksi diri.

6. Memberikan self-reward

Ketika kita berhasil menyelesaikan suatu tugas, sesuai dengan persyaratan dan tepat waktu, kita sebaiknya memberikan self reward, yang bisa kita pilih sendiri. Inilah yang akan menjadi salah satu motivasi dalam menghindari procrastination.

Berbagai sumber.

Sumber gambar : wedowe.org

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam