Pilih Jadi Generalis atau Spesialis Dalam Berkarir?

Sebelum menjajaki dunia kerja, calon freshgraduate akan dihadapkan pada pertimbangan jalan mana yang akan diambil dalam memilih lapangan pekerjaan.

Dalam pasar kerja, terdapat dua katagori pekerjaan yang terdiri dari generalis dan spesialis. Keduanya masih minim untuk diketahui dan seringkali menjadi perdebatan dalam menghadapi tantangan zaman oleh para generasi muda yang baru menjajaki dunia kerja. Lalu mana yang lebih baik dipilih dalam berkarir, generalis atau spesialis?

Generalis merupakan sesuatu tipe yang menjelaskan banyak hal yang tidak bersifat spesifik. Artinya seorang generalis merupakan mereka yang memiliki pengetahuan secara umum dalam tingkat yang masih dasar. Seorang generalis biasanya mengerti akan banyak hal namun tidak secara spesifik.

Istilah generalis merujuk pada seseorang yang menjalankan profesi secara umum dalam mengerjakan suatu tugas. Dimana pihak sebagai generasil tidak perlu melakukan analisa dalam melaksanakan pekerjaannya.

Seorang generalis dapat mengidentifikasi masalah dengan dan menemukan solusi yang belum tentu dapat dilakukan oleh pihak spesialis. Generalis memiliki kecenderungan dapat memberikan tanggung jawabnya kepada pihak lain dengan mudah.

Spesialis merupakan seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam sebuah pekerjaan tertentu karena sudah mendapatkan pelatihan atau pendidikan khusus.

Seseorang yang spesialis mempunyai wawasan yang lebih luas terhadap satu jenis bidang yang sedang ditekuni atau dikaji. Spesialis memiliki posisi yang khusus di perushaan karena  memiliki pengetahuan yang belum tentu dimiliki oleh pihak lain atau posisi mereka sulit untuk digantikan.

Spesialis biasanya bekerja secara mandiri dan setiap organisasi biasanya memiliki spesialis yang berjumlah sedikit daripada generalis.

Dimasa yang akan datang, para pencari kerja akan memiliki pendekatan yang berbeda yaitu dari generalizing – specialist, yaitu kamu sebagai orang yang memiliki pengetahuan secara umum seiring berjalannya waktu akan memiliki bakat dan pengetahuan tertentu secara mendalam dalam bidang tertentu.

Dan spesialis – generalizing yaitu para pekerja yang memulai karir di bidang spesifik. Namun, memiliki pengetahuan atau ilmu untuk mengerjakan bidang tertentu diluar keahlian khusus yang dimilikinya.

Sehingga dengan kata lain, sebagai generasi muda yang akan menjajaki karir, sebaiknya jangan ragu atau dilema dalam memilih antara generalis atau spesialis.

Alangkah baiknya jika menjalani keduanya. Maka dengan begitu, sebagai tenaga kerja kamu dapat mempelajari banyak hal tanpa menutup kemungkinan bahwa kamu memiliki bakat yang beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam