Ini Pentingnya Mempunyai Skill Komunikasi yang Baik Dalam Berkelompok

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, guna mendapatkan sebuah informasi. Komunikasi umumnya dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak tersebut.

Komunikasi dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

  • Secara langsung, yaitu dengan menggunakan lisan atau verbal, cara ini akan memudahkan kedua belah pihak yang sedang berkomunikasi untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.
  • Secara tidak langsung, yaitu dengan menggunakan media perantara seperti telepon, radio, tulisan, dan lain-lain, cara ini kurang efektif dibandingkan cara sebelumnya karena tidak adanya interaksi langsung antara kedua belah pihak.

5 Manfaat Penting Mempunyai Skill Komunikasi yang Baik Dalam Berkelompok

Oleh karena komunikasi itu hal yang sangat penting bagi manusia, inilah manfaat pentingnya mempunyai skill komunikasi yang baik dalam berkelompok :

1. Informasi yang tersampaikan dapat diterima dengan baik

Hal ini dikarenakan komunikasi yang dilakukan dengan baik, tidak akan adanya miss komunikasi antara kedua belah pihak, sehingga informasi yang tersampaikan dapat diterima dengan baik.

2. Membantu mencapai kesuksesan bersama

Hal ini dikarenakan apabila sebuah tim memiliki komunikasi yang baik akan membentuk tim yang solid, dan dari situ akan terbentuk sebuah tim yang memiliki ekosistem kerja yang kondusif dan terarah, dan juga akan dengan sangat mudah mencapai kesuksesan bersama apabila tim tersebut mempunyai skill komunikasi yang baik.

3. Dapat mempermudah dalam pengambilan keputusan

Ketika ada situasi untuk mengambil sebuah keputusan, keputusan tersebut harus didiskusikan terlebih dahulu bersama anggota tim, dengan memiliki skill komunikasi yang baik, pengambilan keputusan yang dilakukan akan menjadi keputusan yang tepat.

4. Dapat menyelesaikan suatu konflik

Ketika ada konflik sesama anggota tim, anggota tim tersebut harus berbicara terlebih dahulu apa permasalahannya, dan apabila skill komunikasi anggota tersebut baik, informasi itu akan membantu dalam penyelesaian konflik yang ada.

5. Dapat meningkatkan motivasi dalam diri

Motivasi merupakan hal yang penting dalam meningkatkan produktivitas pada diri seseorang, motivasi juga berkaitan dengan komunikasi.

Komunikasi yang baik akan mempengaruhi diri seseorang untuk lebih produktif dalam dunia kerja, sebaliknya komunikasi yang buruk akan berdampak buruk pada diri orang tersebut.

Komunikasi yang baik itu sangat diperlukan di mana saja baik di lingkungan sekitar, di lingkungan organisasi, di lingkungan kerja bahkan di lingkungan rumah sekalipun komunikasi akan selalu ada dan selalu dibutuhkan. 

Jadi jangan lupa untuk selalu meningkatkan skill berkomunikasi, karena itu hal dasar yang sangat penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Hai, saya Jagoan Ketik Ilham spesialis pengetikan verbatim atau transcribe sedang online. Butuh bantuan? Chat saya sekarang!