Anda mengambil Penelitian Kuantitatif? Perhatikan isi bab 4 dan 5 agar valid

Penelitian skripsi, tesis dan disertasi dibedakan menjadi dua macam yakni penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai sistematika proposal bab 1,2, dan 3. Kali ini kita bahas lanjutannya ya..

Penelitian kuantitatif cenderung menggunakan riset berupa tes, kuesioner maupun uji lapangan. Sehingga tahap penelitian membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk kasus tertentu. Hal ini karena bergantung pada sulit tidaknya kasus yang sedang diteliti.

Membahas Isi Bab 4 dan 5 Pada Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif harus dilakukan dengan ketelitian karena Anda harus menghitung data statistik. Oleh karena itu, penelitian kuantitatif pasti tidak lepas dari rumus statistik. Sedangkan untuk penelitian kualitatif, biasanya hanya terpaku pada teori penelitian.

Isi bab 4 dan 5 pada penelitian kuantitatif, dibutuhkan waktu yang cukup lama karena harus melakukan penelitian ke lapangan. Lalu bab 4 skripsi itu apa? Perlu diketahui bahwa bab 4 pada penelitian biasanya berupa pembahasan penelitian itu sendiri. Sedangkan bab 5 isinya kesimpulan dan saran.

Bagaimana menulis bab 4 dan 5 skripsi?

Menulis bab 4 pada skripsi, dibutuhkan beberapa aspek struktur penelitian. Oleh karena itu, pada proposal penelitian biasanya perlu disebutkan jenis penelitian serta data apa saja yang akan digunakan.

Beberapa pembimbing kadang bertanya, “sebutkan apa saja yang menjadi bagian isi dalam bab IV dan V?” Jika Anda belum mengetahui apa saja yang ditulis pada bab 4 dan 5, maka perhatikan penjelasan berikut:

1. Data Hasil Penelitian

Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan riset baik melalui tes, kuesioner dan sejenisnya. Pada tahap ini, peneliti menunjukkan data berupa grafik atau tabel untuk menunjukkan hasil penelitian. Selain itu, disertai pula dengan penjelasan secara deskriptif oleh peneliti.

2. Analisis Data serta Uji Hipotesis

Analisis data ini menyajikan uji validitas dan reabilitas, uji persyaratan serta analisis data berupa program SPSS. Sedangkan untuk pengujian hipotesis, peneliti berusaha untuk merumuskan hipotesis Ho dan Ha lalu menghitungnya secara statistik.

3. Pembahasan

Pada tahap terakhir dari penulisan bab 4 yakni pembahasan dari hasil penelitian, Anda harus  membandingkan penelitian dengan teori yang sudah ditentukan, serta kajian penelitian yang relevan mendukung dari hasil penelitian yang telah dilakukan.

4. Kesimpulan

Sedangkan untuk bab 5, peneliti akan menuliskan kesimpulan dari hasil penelitian tersebut dan  saran untuk penelitian tersebut agar bermanfaat bagi orang lain. Kesimpulan dan Saran merupakan tahap ahir dalam penulisan penelitian, itu artinya anda sudah di tahap final. Selamat yaaa

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Butuh Bantuan Untuk Penulisan Penelitian? Chat kami sekarang