Membuat, Menghapus, dan Memodifikasi Packages di CyberPanel

Cara membuat, menghapus, dan memodifikasi paket di CyberPanel

Secara default, spesifikasi yang ada pada paket (packages) CyberPanel khususnya disk usage dan bandwidth usage yang diizinkan adalah 1000 MB (1 GB). Padahal kita ingin memindahkan website ke server baru ini dengan size lebih dari itu. Bagaimana caranya?

Bagi sebagian orang yang baru pertama kali menggunakan Virtual Private Server (VPS) dengan panel CyberPanel bingung bagaimana cara membuat spesifikasi “rumah” untuk website yang membutuhkan resources cukup besar.

CyberPanel sama seperti panel pada umumnya: cPanel, aaPanel, Webuzo dan panel-panel lainnya yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengatur sumber daya (resource) sesuai dengan kebutuhan mulai dari jumlah domain yang dapat dibuat hingga kapasitas disk yang digunakan.

Bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara membuat paket (package) di CyberPanel dengan sumber daya sesuai keinginan, artikel ini akan memandumu dari awal sampai akhir dengan studi kasus yang dapat kamu ikuti dan sesuaikan.

Create Package

  1. Login ke CyberPanel
  2. Klik Packages lalu Create Package
  3. Isi sesuai keinginan atau kebutuhan
Creat package CyberPanel
Creat Package di CyberPanel

Keterangan dan Contoh Pengisian:

NamaKeterangancontoh Isi
Package NameNama paket (isi sesuai keinginanmu)admin_jagoketik
DomainsJumlah domains yang dapat dibuat di paket ini (sesuaikan keinginan). Isi dengan angka 0 agar unlimited (tanpa batasan)5 (hanya boleh maksimal 5 domain yang dibuat di paket ini)
Disk SpaceKapasitas disk atau memori penyimpanan yang dapat digunakan di paket ini (sesuaikan dengan keinginan). Isi dengan angka 0 agar unlimited (tanpa batasan)25000 atau 25 GB kapasitas memori penyimpanan di paket ini
BandwidthJumlah kapasitas yang dapat digunakan dalam proses pertukaran data (sesuaikan dengan keinginan). Isi dengan angka 0 agar unlimited (tanpa batasan).5000 atau 5 GB kapasitas bandwidth yang dapat digunakan pada paket ini
FTP AccountsJumlah akun FTP (File Transfer Protocol) yang dapat dibuat pada paket ini (sesuaikan dengan keinginan).5 akun FTP yang dapat dibuat di paket ini
DatabaseJumlah database yang dapat dibuat pada paket ini (sesuaikan dengan keinginan)5 database yang dapat dibuat di paket ini
EmailsJumlah email yang dapat dibuat pada paket ini (sesuaikan dengan keinginan)5 email yang dapat dibuat di paket ini

Additional Features (Fitur Tambahan)

  • Allow Creation of Fully Qualified Domain as Child-Domains (Jika dicentang maka kita dapat membuat child-domains dari domain utama (domain induk). Misalnya. Jagoketik.com adalah domain induk sementara transkrip.jagoketik.com dan kursus.jagoketik.com adalah (child-domain). Semua direktori domain-domain tersebut berada di dalam satu direktori atau tidak berada di luar direktori domain induk.
Child Domain/Domain Anak
  • Enforce Disk Limits. Jika dicentang maka disk atau memori penyimpanan pada paket ini akan dibatasi oleh sistem sehingga tidak akan kelewat batas.

List Package

List package
List package di CyberPanel

Halaman List Packages berisi mengenai list semua paket yang ada. Di halaman ini juga dapat melakukan aksi seperti edit atau delete (hapus) tanpa harus berpindah ke halaman di bawahnya yaitu Delete Packages atau Modify Package.

Delete Package

Delete package
Delete package di CyberPanel

Halaman Delete Package adalah halaman untuk menghapus paket yang ada secara satu per satu sesuai dengan yang dipilih.

Modify Package

Modify Package
Modify Package di CyberPanel

Halaman Modify Package adalah halaman untuk memodifikasi paket yang sudah ada sesuai dengan keinginan secara satu per satu.

Jasa Pembuatan Website Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam