“Nyambi” Usaha Untuk Mahasiswa, Pilih Mana ya?

Tugas utama mahasiswa adalah kuliah, di kampus tidak hanya di tuntut untuk memperlajari hal akademik, akan tetapi juga mencari ilmu berorganisasi. Berkumpul dan bersosialisasi dengan khalayak ramai juga merupakan salah satu cara untuk dapat berorganisasi di dalam lingkungan kampus.

Selain melakukan kegaiatan di dalam kampus, mahasiswa juga dapat mengeskresikan diri di luar kampus, dengan mengikuti organisasi external, tim olahraga, bekerja part time bahkan hingga membuka usaha sendiri.

Banyak hal yang bisa di survive oleh mahasiswa selama menempuh studi.

Selain sebagai sarana mencari kesibukan agar tidak jenuh dengan suasana kampus, hal ini juga bisa menjadi suatu kegiatan yang bisa menghasilkan pundi – pundi rupiah.

6 Pekerjaan sampingan yang bisa di lakukan oleh mahasiswa dengan modal minimal

Berikut adalah beberapa usaha yang bisa di lakukan oleh mahasiswa dengan modal yang terjangkau dan hasil yang luar biasa.

1. Fotografer dan Videografer

Jika kamu punya hobi di bidang fotografi dengan perlengkapan yang cukup memadai, maka kamu coba ubah hobimu menjadi pekerjaan yang menyenangkan.

Kamu dapat menyediakan layanan jasa berupa foto dan video bagi orang-orang yang membutuhkan. Mulailah dengan melakukan promosi kepada orang-orang terdekat dan buat portofolio yang menarik di media sosial.

2. Content Creator

Di era serba digital ini dapat dipastikan kamu telah menguasai, bahkan aktif pada berbagai platform media sosial. Daripada hanya scrolling tanpa tujuan maka kamu dapat menjadikannya sebagai ladang bisnis yang menguntungkan.

Salah satunya adalah dengan menjadi content creator, yaitu pihak yang memproduksi konten berupa gambar, video, hingga tulisan, dan mengunggahnya di berbagai platform digital.

Di sini kamu dapat mengoptimalkan kemampuanmu dalam bidang menulis, desain gambar, dan edit video.

Untuk memulainya, kamu dapat memanfaatkan beragam aplikasi dan situs yang tersedia, mulai dari aplikasi pembuatan konten hingga pencatatan keuangan.

3. Tour Guide

Jika daerah tempat tinggalmu punya banyak destinasi wisata, maka kamu dapat memanfaatkannya sebagai sumber pemasukan yang menguntungkan.

Salah satunya adalah dengan menjadi pemandu wisata alias tour guide.

Selain penghasilan, kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga dalam berkomunikasi dan berinteraksi, terutama dengan orang asing.

Tentunya, keterampilan ini dapat mendukung pekerjaanmu di masa depan, khususnya jika kamu berkarier di area publik, seperti hotelier.

4. Makeup Artist

Seandainya kamu ahli dalam merias wajah, maka kamu bisa coba menjadi makeup artist.

Saat ini, menjadi makeup artist atau MUA dapat dilakukan dengan mudah.

Kamu tidak perlu menyertakan sertifikat tertentu, asalkan kamu memiliki keahlian yang memadai dan didukung dengan portofolio di media sosial, maka kamu sudah bisa menawarkan diri menjadi MUA.

5. Dropshipper

Ide bisnis lainnya yang dapat kamu lakukan adalah terkait bidang jual-beli produk.

Dengan kemajuan teknologi dan kehadiran berbagai platform digital, mahasiswa dapat memanfaatkannya sebagai wadah berjualan.

Mulai dari pakaian, parfum, barang elektronik, hingga produk kebutuhan sehari-hari, semuanya dapat dipasarkan melalui online.

Meski sebagai mahasiswa kamu mungkin belum memiliki modal yang besar untuk merintis usaha.

Karenanya, menjadi dropshipper adalah salah satu jalan yang bisa kamu tempuh.

Singkatnya, dengan menjadi dropshipper, kamu dapat berjualan tanpa harus membeli produk terlebih dahulu.

6. Bisnis Kuliner

Untuk ide bisnis yang terakhir ialah dibidang bisnis kuliner.

Bisnis ini tentu akan sangat cocok bagi kamu para mahasiswa yang berkuliah di bidang kuliner, seperti Manajemen Kuliner dan Food & Beverage Management.

Melalui bisnis ini, kamu dapat mengaplikasikan sekaligus melatih kemampuan memasakmu.

Cobalah cari beberapa menu atau hidangan yang paling kamu kuasai dan minati.

Lalu, sesuaikan dengan keinginan dan permintaan pasar untuk memeriksa peluang bisnis.

Setelah itu, kamu dapat memulai bisnis kulinermu dengan cara-cara sederhana.

Beberapa di antaranya adalah dengan menawarkan kepada orang-orang terdekat, mengadakan sistem pre-order, dan membuat akun media sosial bisnis.

Demikian beberapa jenis usaha yang bisa di mulai oleh mahasiswa selama masa studi.

Usaha atau bisnis tersebut bisa juga merupakan usaha yang continue, yaitu usaha yang bisa di lakukan hingga kapanpun.

Seperti contoh tour guide, saat sudah banyak orang yan menggunakan jasa kita maka nanti bisa di lanjutkan dengan mendirikan tour and travel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!