Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik, di Mana Saja?

Pendidikan merupakan aspek penting dalam kehidupan bernegara. Terutama, dalam meningkatkan kesejahteraannya. Terdapat beberapa negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Tentu saja, pendidikan menjadi prioritas bagi negara-negara ini.

Pemeringkatan mengenai kualitas pendidikan di dunia ini dimulai pada tahun 2021. Melalui, pemeringkatan ini ditemukan beberapa negara yang memiliki sistem pendidikan terbilang yang terbaik di dunia.
Pemeringkatan ini melihat dari 78 negara dengan menggunakan 76 standar pengukuran yang berbeda. Jadi, negara tingkat tertinggi di bidang pendidikan yang mana saja?

5 Negara dengan Kualitas Pendidikan Terbaik

Ada banyak negara yang masuk ke dalam pemeringkatan di bidang pendidikan ini. Namun, pada pembahasan ini, hanya ada 5 negara saja yang akan dibahas. 5 negara ini dianggap memiliki tingkat pendidikan yang paling baik di dunia.

1. Konsep Transisi di Jerman

Pendidikan masa transisi seperti TK atau Playgroup dianggap penting pada beberapa negara. Bahkan, termasuk di Indonesia masih ada pendidikan pra-sekolah seperti ini. Ternyata, konsep ini diperkenalkan pertama kali di Negara Jerman.

Tepatnya oleh tokoh bernama Friedrich Froebel di tahun 1840. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya. Siswa di Jerman diperbolehkan memilih salah satu dari 3 jalur pendidikan. 3 jalur ini bisa ditentukan berdasarkan prestasi akademiknya.

3 jalur ini adalah perguruan tinggi atau Realschule, kemudian ada karir kerah putih atau Hauptschule. Ada juga jalur untuk fokus pada industri perdagangan.

2. Kurikulum Wajib di Negara Prancis

Negara Prancis mewajibkan kegiatan belajar untuk siswa mulai dari umur 6 sampai 16 tahun. Banyak siswa yang memulai di prasekolah sampai perguruan tinggi. Ternyata, hal yang menjadi kunci keberhasilan pendidikan Perancis adalah adanya materi filsafat.

Filsafat menjadi pelajaran wajib bagi negara ini. Selain itu, Negara Prancis memberlakukan keseragaman kurikulum untuk setiap bagian negara. Jadi, tidak ada sekolah yang memiliki kurikulum tidak baik.

Untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, para siswa perlu memiliki kualifikasi tertentu. Kemudian, mengambil program yang disebut baccalaureat.

3. Kemajuan Kurikulum Wajib di Negara Inggris

Negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia selanjutnya adalah Negara Inggris. Kegiatan belajar di sini dimulai dari usia 5 tahun hingga 16 tahun. Kualitas pendidikan negara ini berjalan seiring dengan kemajuan kurikulum nasionalnya yang merupakan kurikulum wajib.

Hal ini membuat sekolah-sekolah di Inggris yang mulanya memiliki kesenjangan kurikulum. Sekarang menjadi lebih seragam. Selain itu, materi di sekolah menjadi lebih komprehensif dan lebih seragam.

4. Peringkat Nomor Satu, Negara Amerika Serikat

Negara Amerika Serikat selama ini menduduki peringkat pertama sebagai pemilik pendidikan terbaik di dunia. Hal ini tidak terlepas dengan pendanaan besar-besaran yang dilakukan oleh pemerintah di bidang ini.

Tingkat keberhasilan pendidikan di Negara Amerika Serikat sangatlah besar. Hal ini dilihat dari kalkulasi siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi sebesar 70 persen.

5. Pendidikan Gratis di Negara Kanada

Kualitas pendidikan terbaik dimiliki juga oleh Negara Kanada. Negara ini memberikan program pendidikan gratis untuk anak-anak di negaranya. Mulai dari yang berusia 5 dan 6 tahun di Negara Kanada.

Negara Kanada memiliki sistem pendidikan yang terpusat dan membuat program pendidikan di Negara Kanda lebih merata. Nilai rata-rata siswa Negara Kanada terbukti sangat tinggi di berbagai program internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Choliva Meilinda spesialis pengetikkan, edit, dan pembuatan dokumen online di Jagoketik.com. Butuh bantuan cepat? Chat saya sekarang.