Microsoft Access : Database Software and Applications

Microsoft Access telah banyak dikenal terutama dalam dunia database. Hal ini dikarenakan Microsoft Access mudah diperoleh, penggunaannya pun mudah, berorientasi terhadap visual, serta bisa dilakukan integrasi dengan software lain.at dikenal dalam dunia database, mudah didapat, mudah digunakan, berorientasi visual, dan dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain.

Sejarah Singkat Ms Access

Pada awal perkembangan komputer yang masih menggunakan sistem OS DOS, aplikasi Wordstar dan Lotus 1-2-3 adalah aplikasi yang wajib digunakan oleh setiap user. Aplikasi ini berguna dalam pengolahan kata dan angka. Namun, Wordstar dan Lotus akhirnya tertinggal setelah komputer mulai berkembang ke sistem GUI (Graphic User Interface). Pada tahun 1992, Microsoft mulai memperkenalkan Microsoft Office kepada dunia. Sama seperti Wordstar dan Lotus, Microsoft Office juga diperuntukkan dalam pengolahan kata dan angka. Dalam versi awal Microsoft Office, belum terdapat Microsoft Access di dalamnya. Sejak tahun 1995-an Microsoft memperkenalkan kembali Microsoft Office 95, dimana pada versi ini sudah dilengkapi dengan Microsoft Access. Semakin hari Microsoft Office mengalami perkembangan yang semakin pesat hingga banyak digunakan dalam dunia perkantoran, pemerintah, maupun pendidikan. Produk Microsoft Office juga disukai oleh masyarakat Indonesia, hal ini dikarenakan kemudahan dalam penggunaannya.

Fitur Ms Access

Jika dilihat sekilas, interface Microsoft Access 2007 memiliki perbedaan yang signifikan dengan interface Microsoft Access 2003. Tentu saja, di versi terbaru Microsoft Access ini menyajikan kemudahan penggunaan yang lebih baik lagi bagi para user. Selain kemudahan, versi terbaru ini juga menyajikan fitur lain yang tidak kalah hebatnya. Banyak fitur baru yang disajikan oleh Microsoft Access 2007 ini. Berikut adalah fitur-fitur baru tersebut.

  1. User interface/tampilan yang baru;
  2. Template-template baru;
  3. Calendar picker;
  4. Sorting dan filtering yang baru;
  5. Rich text format;
  6. Tipe data attachment;
  7. Multivalue field;
  8. Split form;
  9. Background warna;
  10. Panel navigasi; dan
  11. Datasheet view.

Manfaat Ms Access

Telah diketahui sebelumnya bahwa kegunaan database sangat banyak. Microsoft Access adalah sebuah database yang diintegrasikan dengan tampilan visual sehingga bisa dioperasikan sendiri (standalone). Tidak seperti database MySQL, dimana user harus melakukan integrase manual dengan aplikasi lain seperti PHP atau Visual Basic. Oleh karena MySQL hanya menyediakan databasenya maka ia tidak mempunyai interface secara visual untuk membuat aplikasi. Sebagai contoh adalah MySQL untuk Visual Basic. Anda harus membuat tampilan form-form di Visual Basic baru kemudian diintegrasikan dengan MySQL. Berbeda halnya dengan Microsoft Access, Anda dapat mengintegrasikan database langsung dengan interfacenya. Microsoft Access sudah dilengkapi dengan komponen utama seperti form, query dan report, sehingga user hanya perlu menggabungkan komponen-komponen tersebut untuk menghasilkan satu aplikasi yang utuh. Berikut merupakan manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan Microsoft Access 2007.

  1. Akses lebih cepat dengan tampilan yang lebih baru.
  2. Mempercepat proses pembuatan karena telah disediakan template.
  3. Dapat membuat bermacam-macam laporan dari satu informasi.
  4. Membuat tabel dengan cepat.
  5. Lebih memaksimalkan data dengan jenis field yang baru.
  6. Sharing dan mengupdate informasi dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!