Menghadapi Kelas Online di Masa Pandemi COVID-19

Di masa pandemi COVID-19 ini, pembelajaran di sekolah untuk semua jenjang mulai dari taman kanak-kanak hingga universitas telah mengalami perubahan. Perubahan tersebut menjadikan pembelajaran secara online. Banyak siswa mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran online dikarenakan ini merupakan hal baru yang dilaksanakan di Indonesia.

Tips mengikuti kelas online di masa pandemi COVID-19:

1. Perlakukan dan anggap kelas online seperti kelas nyata

Ketika melaksanakan pembelajaran di kelas online, kamu harus memiliki disiplin dan dedikasi untuk benar-benar menindaklanjuti setiap proses pembelajaran. Meskipun kamu bisa fleksibel waktu dan tempat, tapi kamu harus memberikan target untuk menyelesaikan tugas kamu.

2. Buat diri menjadi bertanggung jawab

Tetapkan tujuan di awal semester dan kontrol diri dalam setiap minggunya. Dalam kelas konvensional, kamu akan sering menerima pengingat verbal atau visual tentang tanggal “deadline” tugas yang akan datang. Tetapi pada kelas online, kamu harus bisa mengingat sendiri setiap tugas untuk diselesaikan.

Jika kamu mengalami kesulitan untuk bertanggung jawab, berpasanganlah dengan teman sekelas untuk melapor sebagai mitra pertanggungjawaban. Dengan terorganisir, proaktif, dan sadar diri, kamu bisa mendapatkan hasil maksimal dari kelas online kamu.

3. Atur manajemen waktu

Fleksibilitas waktu sering menjadi salah satu daya tarik terbesar untuk mengikuti kelas online. Tetapi kebebasan itu juga bisa merugikan jika kamu tidak memiliki keterampilan manajemen waktu yang solid. Tanpa itu semua, kamu mungkin dengan tidak mudah menemukan diri kamu untuk menyerahkan tugas.

4. Ciptakan ruang belajar yang teratur dan tetap teratur

Siapkan lingkungan belajar khusus untuk belajar. Dengan menyelesaikan pekerjaan kamu di sana berulang kali, kamu akan mulai membangun rutinitas. Apakah ruang kerja kamu adalah meja dapur, perpustakaan, atau bilik sudut di kedai kopi lokal, penting untuk menentukan jenis lingkungan apa yang paling cocok untuk kamu. Bereksperimenlah untuk menemukan jenis mana yang meningkatkan produktivitas kamu. Di mana pun kamu memilih, pastikan ada akses internet berkecepatan tinggi sehingga kamu tidak mencoba mengikuti kelas online melalui koneksi yang lambat.

5. Hilangkan gangguan

Seberapa besar tantangan dari gangguan ini akan tergantung pada kepribadian dan situasi kamu sendiri. Beberapa orang mungkin menemukan bahwa mereka dapat menghilangkan kebisingan di rumah dengan mendengarkan musik. Orang lain mungkin memilih untuk bekerja dari kedai kopi atau perpustakaan setempat untuk menghilangkan keinginan mereka untuk melakukan banyak tugas di rumah. Pada akhirnya, kamu perlu menemukan strategi yang paling cocok untuk kamu.

Kelas online adalah sistem pembelajaran alternatif yang bisa dilaksanakan saat ini untuk membantu kamu memenuhi tujuan pembelajaran. Meskipun pembelajaran kelas online datang dengan tantangan unik, dapat mengikuti saran di atas dapat membantu kamu menjadi sukses dalam menghadapi kelas online di masa pandemi COVID-19 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!