Mengenal Artificial Intelligence, Teknologi Masa Kini

Di era 4.0 seperti sekarang ini, ada berbagai penemuan teknologi canggih dan booming, salah satunya artificial intelligence. Hal ini sangat dibutuhkan lantaran berpengaruh pada aktivitas dan pekerjaan manusia, ada baiknya jika Anda mengenal artificial intelligence lebih lanjut.

Apa itu Artificial Intelligence?

Secara sederhana, artificial intelligence dapat didefinisikan sebagai simulasi kecerdasan manusia yang dimasukan dalam mesin. Nantinya, mesin tersebut akan diprogram untuk meniru dan berpikir layaknya manusia.

Adapun, prosesnya termasuk pembelajaran, penalaran, dan mengoreksi diri. Mesin ini dapat digunakan dalam bidang apa saja.

Layaknya manusia, kecerdasan buatan ini menggunakan teknologi yang memerlukan data agar dapat berpikir. Dengan kata lain, AI membutuhkan pengalaman agar kecerdasannya dapat semakin ditingkatkan.

Contoh Artificial Intelligence

Kehadiran kecerdasan buatan ini memang sangat menguntungkan manusia, kelebihan pun bisa didapatkan baik dari segi kepraktisan, kemudahan, maupun kecepatan. Nah, setelah mengenal artificial intelligence, mari simak beberapa contohnya dibawah ini: 

Virtual Reality

VR atau realitas virtual adalah suatu teknologi yang mampu membuat Anda berinteraksi secara langsung dengan objek imajinasi dari hasil simulasi komputer. Umumnya, teknologi ini digunakan sebagai alat bantu untuk observasi dalam berbagai bidang kehidupan.

Penerapan AI dalam VR dapat Anda lihat pada film Iron Man. Pada film tersebut, semua karakter dapat hidup dan berinteraksi menggunakan data. Selain itu, AI dan VR juga sering dikombinasikan dalam aplikasi gaming.

Mobil Pintar

Tahun 2021 ini, aneka teknologi canggih semakin bermunculan, misalnya mobil pintar. Ada beberapa negara yang sudah meluncurkan mobil ini secara resmi, misalnya Jepang, Amerika Serikat, dan Korea.

Berbeda dari mobil biasa, mobil pintar dilengkapi dengan chip dan software berteknologi AI. Dengan adanya kecerdasan buatan, mobil ini memiliki beberapa sensor dan mampu menjalankan perintah.

Chatbot

Pasti Anda pernah menggunakan chatbot di Telegram, WhatsApp, dan lain sebagainya. Atau apakah Anda pernah bermain aplikasi SimSimi?

Kehadiran chatbot dalam berbagai aplikasi ini akan memudahkan segala aktivitas manusia, khususnya dalam bisnis era digital.

Chatbot mampu membalas pesan pelanggan dan berperan sebagai pusat informasi selama 24 jam non stop. Meskipun terlihat sederhana, nyatanya teknologi ini telah melalui proses pemrograman yang sulit

Sekarang bagaimana? Apakah Anda sudah lebih mengenal artificial intelligence? Tak dapat dipungkiri, perkembangan zaman memang menuntut manusia untuk berpikir lebih keras dan menciptakan teknologi canggih yang dapat menunjang hidup.
Sebagai manusia, Anda juga harus terus belajar dan meng-upgradeskill agar tidak tergantikan dengan kecerdasan buatan. Mari hubungi kami jika anda ingin upgrade skill di bidang IT, mari belajar bersama!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!