Mengapa Manusia Masih Ingin Pergi ke Bulan?

Memangnya penting banget ya manusia ke Bulan lagi? Memangnya ada apaan di situ ya?

Udah pada tau kan kalau NASA dan 14 negara aliansinya sudah tanda tangan perjanjian bilateral untuk kembali lagi ke Bulan tahun 2021 nanti? Artemis Accords namanya.

Memangnya pada mau ngapain sih di Bulan? Ada apa aja di sana? Bukannya Bulan tuh bahaya ya radiasinya? Memangnya benar manusia bisa hidup di Bulan? Apa maksudnya dengan Bulan dijadikan tempat transit sebelum ke Mars?

Semenjak astronot Gene Cernan meninggalkan Bulan pada Desember 1972, ia menjadi manusia terakhir yang menginjakkan kakinya di sana. Selama hampir setengah abad, tidak ada lagi manusia yang kembali menjelajah satelit Bumi tersebut. Akan tetapi, di abad 21 ini ilmuwan dan peneliti mulai mendorong kembali adanya penjelajahan ke Bulan. Hmm, memangnya kenapa kita harus balik lagi ke sana ya?

  • Pertama, Bulan akan menjadi tempat pembangunan peradaban manusia baru. Rencana ini akan menjadi awal untuk menjelajahi luar angkasa semakin jauh.
  • Kedua. Eksplorasi ini berpotensi untuk meningkatkan perekonomian manusia. Banyak penelitian luar angkasa yang akhirnya bermanfaat bagi dunia ekonomi.
  • Ketiga, eksplorasi luar angkasa dapat menjadi ajang untuk mengetes teknologi terbaru sekaligus menguji kesiapan manusia untuk hidup di luar Bumi.
  • Keempat, penjelajahan Bulan akan mempererat kerja sama global untuk saling berbagi sumber daya dan pengetahuan dalam proyek raksasa ini.
  • Kelima, Bulan menyediakan begitu banyak pengetahuan tersembunyi, khususnya mengenai awal dari alam semesta dan penyebab dari semua kehidupan di Bumi.
  • Terakhir, proyek ini akan memotivasi seluruh umat manusia dan menantang publik untuk terlibah di proyek luar angkasa lainnya di masa depan.

Antariksa bukan cuma soal pindah planet lho, tapi teknologinya juga bermanfaat buat hidup kita di Bumi. Apalagi teknologi yang dihasilkan dari eksplorasi Bulan. Gimana? Makin tertarik dengan proyek eksplorasi Bulan yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini? Ingin tahu lebih lanjut tentang rencana eksplorasi ini?

Ministry of Space Education (Instagram: @ministryofspace_edu) sedang melaksanakan sesi-sesi webinar gratis dan keren selama bulan Februari dan Maret ini. Semua sesinya membahas topik tentang perkembangan industri, riset, dan teknologi antariksa, serta kebijakan yang terkait dengan misi ke Bulan ini.

Mendingan langsung ikutan acara keren ini yang membahas tentang seluk-beluk penjelajahan Bulan dari berbagai bidang, langsung dari ahlinya!

https://www.instagram.com/p/CaOqIHepjXb/

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam