Materi SNBT 2023 Terbongkar, Ini Daftarnya!

Materi SNBT 2023 Terbongkar, Ini Daftarnya! - Jagoketik.com

Materi SNBT 2023 telah resmi dibongkar kisi-kisi atau clue-nya oleh tim panitia. Mengacu dari laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru, materi SNBT 2023 terdiri atas daftar pengetahuan yang susunannya sedikit berbeda dibanding tes pendahulunya, yakni SBMPTN. Penasaran dengan daftar pengetahuan yang diujikan sebagai materi SNBT 2023? Simak selengkapnya pada artikel berikut ini!

Baca juga: Jasa Print Online Termurah, Mulai Rp250 Aja!

Apa Itu SNBT 2023?

Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 adalah salah satu regulasi penyaringan calon mahasiswa untuk memperebutkan bangku perkuliahan di kampus-kampus negeri dari seluruh Indonesia. SNBT 2023 bisa dibilang merupakan regulasi seleksi versi lebih sempurna dan baru dari sistem pendahulunya, yakni Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Kendati sama-sama berbasis tes tertulis, namun materi SNBT 2023 terbilang sedikit berbeda dibanding SBMPTN.

Materi SNBT 2023 memiliki perbedaan mendasar berupa menghapus mata pelajaran berbasis program studi dari daftar pengetahuan yang diujikan. Pada SBMPTN sebelumnya, tes selalu memuat materi-materi dari mata pelajaran berbasis program studi (Saintek dan Soshum). Mengapa materi SNBT 2023 disusun seperti itu? Tujuannya adalah menciptakan proses seleksi yang lebih inklusif melalui pengujian kompetensi siswa secara ‘lebih mentah’, sehingga membuka pintu persaingan yang lebih berimbang bagi seluruh siswa untuk memperebutkan seluruh jurusan perkuliahan.

Jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia
Jagoketik, jasa pengetikan murah dan bergaransi di Indonesia.

Kapan SBMPTN atau SNBT 2023 Dibuka?

SNBT 2023 mulai dibuka pendaftarannya pada tanggal 23 Maret 2023. Masa pendaftaran akan dibuka per tanggal tersebut hingga 3 pekan ke depan. Tepatnya, seluruh calon peserta SNBT 2023 bisa mendaftarkan dirinya hingga tanggal 14 April 2023. Jadwal ringkas SNBT 2023 dapat dibaca di bawah ini:

  • Sosialisasi SNBT: 01 Desember 2022 s.d. 14 April 2023
  • Pembuatan Akun SNPMB: 16 Februari s.d. 03 Maret 2023
  • Registrasi/Pendaftaran SNBT: 23 Maret s.d. 14 April 2023
  • Sesi Tes Gelombang I: 08 s.d. 14 Mei 2023
  • Sesi Tes Gelombang II: 22 s.d. 28 Mei 2023
  • Pengumuman Hasil Tes: 20 Juni 2023
  • Masa Download Sertifikat Tes: 26 Juni s.d. 31 Juli 2023

Apa Saja Materi UTBK 2023?

Materi UTBK 2023 secara garis besar terdiri dari tiga pengetahuan dasar. Ketiganya adalah Tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Literasi, dan Tes Penalaran Matematika. Masing-masing pengetahuan dasar memiliki jenis pengetahuan, durasi pengerjaan, dan jumlah butir soal tersendiri. Simak rincian dari ketiganya di bawah ini.

Tes Potensi Skolastik

Tes Potensi Skolastik (TPS) merupakan salah satu materi SNBT 2023 yang paling inti. Bisa dibilang, TPS sama selayaknya induk dari seluruh pengetahuan dan soal-soal yang diujikan di dalam materi SNBT 2023. Mengapa bisa begitu? Karena, TPS memuat soal-soal yang murni menguji kemampuan logika dasar pada para peserta SNBT 2023.

Model soal TPS pada umumnya sudah sering dijumpai pada tes-tes psikologi yang cukup populer. Untuk teman-teman yang sudah rutin menjalani tes deteksi minat bakat atau yang semisalnya, wujud TPS kurang lebih cukup serupa dengan tes-tes semacam itu. Berikut rincian atau detail dari jumlah soal dan durasi yang diujikan pada pengetahuan dasar berupa TPS:

  • Penalaran Umum: 30 soal dalam 30 menit
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum: 20 soal dalam 15 menit
  • Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis: 20 soal dalam 25 menit
  • Pengetahuan Kuantitatif: 15 soal dalam 20 menit

Tes Literasi

Materi SNBT 2023 yang kedua adalah Tes Literasi. Sedikit lebih mendetail dari “Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis” di dalam TPS, Tes Literasi menguji kemampuan kebahasaan peserta SNBT 2023 dalam dua jenis bahasa. Keduanya adalah Bahasa Indonesia dan Inggris. Uji kompetensi pada Tes Literasi kurang lebih memiliki fokus yang sama sesuai namanya, yakni menguji kemampuan peserta SNBT 2023 dalam memahami dan menyimpulkan suatu bacaan dari kedua jenis bahasa tersebut.

Kunci utama dari persiapan menghadapi Tes Literasi adalah rutin membaca beragam jenis bacaan. Tes Literasi nantinya memuat bacaan yang topiknya sangat variatif, sehingga peserta SNBT 2023 harus memperkaya perbendaharaan kata dan ragam pengetahuan umum dengan membiasakan diri membaca setiap hari. Berikut detail subtes dari Tes Literasi dalam SNBT 2023.

  • Literasi Bahasa Indonesia: 30 soal dalam 45 menit
  • Literasi Bahasa Inggris: 20 soal dalam 30 menit

Tes Penalaran Matematika

Ketiga, materi SNBT 2023 yang turut diujikan dan menghadang teman-teman peserta tes adalah Tes Penalaran Matematika. Sama dengan Tes Literasi, Tes Penalaran Matematika juga merupakan bentuk pengujian kemampuan berhitung dan numerik yang lebih advance dari Pengetahuan Kuantitatif dalam TPS. Nantinya, Tes Penalaran Matematika memiliki total soal sebanyak 20 butir dan durasi pengerjaannya selama 30 menit.

Suka artikel ini? Yuk, bagikan ke temanmu!

Baca juga:

Jasa Edit Dokumen (Formating)
Percantik Dokumenmu dengan Layanan Formating dari Jagoketik, Serba Bisa dan Murah Meriah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam