Cara Mengetik 10 Jari Efektif untuk Pemula hingga Profesional!

Di era sekarang banyak pekerjaan yang bisa dilakukan menggunakan laptop atau komputer. Dengan begitu mengetik di laptop menjadi hal yang dibutuhkan. Untuk mengetik dengan cepat membutuhkan metode yang tepat. Maka berikut ini cara mengetik 10 jari untuk metode yang lebih efisien dan efektif dalam menggunakan keyboard laptop. 

Menambahkan latihan dengan posisi jari yang benar dapat membantu meningkatkan keterampilan mengetik cepat. Sehingga kamu dapat mengetik di keyboard laptop tanpa perlu melihat. Dengan menggunakan cara ini kamu hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 jam dan targetnya 15 kata per menit. Jika dengan lancar bisa menguasai, kamu juga bisa menurunkan tingkat kesalahan saat mengetik. 

Ini Dia Cara Mengetik 10 Jari dengan Efektif dan Cepat 

Dengan mengetik cepat, kamu bisa membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan semakin produktif. Tidak hanya itu saja, mengetik dapat meningkatkan kinerja dari otak. Berikut ini cara mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat. 

1. Pelajari dan Kuasai Dasar Keyboard 

Pada sistem operasi Windows dan Mac OS terdapat keyboard shortcut yang berjumlah banyak. Akan tetapi kamu tidak perlu menguasai semua caranya sekaligus. Kamu bisa cukup untuk mengetahui jalan pintasnya yang sudah seringkali digunakan, misalnya: 

  • Ctrl + C untuk menyalin.
  • Ctrl + V untuk menempelkan.
  • Ctrl + X untuk memotong atau cut.
  • Ctrl + Z untuk undo.
  • Ctrl + S untuk save.
  • Ctrl + A untuk menandai semua konten.
  • Dan lain sebagainya. 

2. Menempatkan Posisi Jari dengan Benar 

Cara yang tepat untuk dapat menguasai keahlian mengetik adalah dengan menempatkan jari-jari tangan pada tombol keyboard. Kamu bisa meletakkan jari- jari bagian kanan pada kelingking untuk tanda ;, jari manis untuk huruf L, jari tengah untuk huruf K, jari telunjuk untuk huruf J.

Kemudian untuk jari-jari bagian kiri pada kelingking untuk huruf A, jari manis untuk huruf S, jari tengah untuk huruf D, jari telunjuk untuk huruf F, dan kedua ibu jari untuk tombol spasi. Setelah itu kamu bisa mulai berlatih dengan mempraktikkan 10 jari tersebut. 

3. Berlatih dengan Games 

Tahukah kamu bahwa dengan bermain game dengan tema seperti Typing Games dapat membantu kamu untuk belajar mengetik dengan cepat. Alternatif ini juga bisa membantu kamu untuk mendukung kemampuan mengetik dengan 10 jari. 

Saat ini web atau aplikasi yang memiliki tema tersebut sudah ada banyak yang beredar. Jadi kamu bisa bermain game sekaligus berlatih mengetik.

4. Mulai Menggunakan 10 Jari-Jari 

Cara yang selanjutnya adalah dengan mulai membiasakan mengetik menggunakan 10 jari dengan benar. Dengan begitu kamu bisa sekaligus menguji akurasi jari pada tombol keyboard. Untuk mengujinya kamu bisa mengetik menggunakan kata-kata bahasa Inggris dengan paduan konsonan dan vokal.

Kamu bisa memulai dari huruf biasa, kemudian ke huruf kapital di awal kata lalu huruf kapital semuanya. Dengan begitu kamu juga bisa sekaligus menguji kepekaan dan menghafal letak tombol keyboard shortcut. 

5. Mempelajari Ketik Tanpa Melihat

Cara terakhir saat kamu mengetik dengan melihat keyboard dapat menghambat proses belajar mengetik. Kamu bisa membiasakan diri untuk mengetik tanpa melihat keyboard. Kamu bisa mengingat posisi huruf di keyboard. Jika ada kata yang sulit diingat posisinya kamu bisa mengetik ulang kata tersebut hingga terbiasa. 

Mengetik tanpa melihat tentu saja membutuhkan pelatihan yang tekun dan panjang untuk kemudian jari-jari tangan bisa bergerak dengan otomatis. Mengetik cepat bisa membantu pekerjaan selesai dengan cepat. Meskipun memang untuk menguasainya membutuhkan waktu. Akan tetapi kamu bisa menggunakan cara diatas untuk melatih gerakan jari-jari tangan. 

Demikianlah 5 cara mengetik 10 jari dengan efektif untuk cepat paham. Kamu bisa mempelajari dengan seksama agar tidak melewatkan satu cara. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam