Macam-Macam Beasiswa yang Wajib dan Tidak Wajib Pulang ke Indonesia

Setiap orang bebas menuntut ilmu sepuasnya. Jika Anda berkeinginan kuliah ke luar negeri tanpa harus mengkhawatirkan soal biaya, maka list macam-macam beasiswa berikut ini bisa jadi solusi dari permasalahan tersebut. Jangan jadikan biaya sebagai kendala, selama ada usaha mencari beasiswa pasti ditunjukkan jalannya.

Macam-Macam Beasiswa yang Wajib Pulang ke Indonesia

Terdapat dua jenis beasiswa yaitu yang wajib pulang dan tidak wajib pulang. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut soal beasiswa yang wajib pulang ke Indonesia yaitu:

1. Beasiswa Chevening

Anda bercita-cita kuliah ke luar negeri? Kabar baiknya, Pemerintah Inggris membuka beasiswa teruntuk mahasiswa internasional melalui Foreign and Commonwealth Office bagi yang ingin melanjutkan kuliah S-2 pada salah satu universitas di Inggris.

Beasiswa Chevening ini mewajibkan penerimanya untuk kembali ke negara asalnya. Jadi, jika Anda diterima sebagai salah satu penerima beasiswa, setelah masa studi selesai Anda harus pulang kembali ke negara asal. Untuk informasi lebih lanjut soal ketentuan beasiswa silakan kunjungi chevening.org.

2. LPDP

Beasiswa selanjutnya yaitu LPDP. Beasiswa LPDP merupakan beasiswa hasil kerja sama antara Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Programnya sendiri terdiri dari afirmasi, targeted, dan beasiswa umum yang diperuntukkan untuk jenjang S1 sampai S-3. Beasiswa LPDP bisa dalam dan luar negeri, Anda bisa memilih jenis beasiswa sesuai minat.

3. Fullbright S-2

Pemerintah Amerika Serikat membuka beasiswa Fullbright yang terbuka untuk berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Beasiswa ini sudah dibuka sejak tahun 1946 dan terbuka untuk kalangan mana saja yang hendak mendaftarkan diri.

Beasiswa Fulbright diajukan oleh mahasiswa jenjang S2 dan S-3. Terdapat beberapa syarat khusus yang perlu dimiliki calon pendaftar misalnya seperti minimal GPA, minimal nilai TOEFL/IELTS/Duolingo, dan lain sebagainya.

4. Australian Awards Scholarship

Sesuai namanya, salah satu macam beasiswa satu ini didanai oleh Pemerintah Australia. Kepada warga negara Indonesia yang ingin mencoba kuliah jenjang S2 ataupun S3 di Australia dapat mencoba mendaftar beasiswa Australian Awards Scholarship.

Macam-Macam Beasiswa yang Tidak Wajib Pulang ke Indonesia

Jika Anda terlanjur betah di luar negeri, Anda bisa mencoba beberapa beasiswa di bawah ini yang tidak mengharuskan pulang ke negara asal setelah selesai merampungkan studinya.

1. Erasmus Mundus Joint Master Degree (EMJMD)

Bercita-cita kuliah ke Uni Eropa sekarang bukan lagi mimpi yang mustahil digapai. Program beasiswa EMJMD terbuka bagi Anda yang ingin melanjutkan jenjang S2 di Eropa. Jumlah beasiswa yang ditawarkan berjumlah besar sampai dengan 49.000 euro. Jika tertarik kuliah di Eropa, Anda bisa mengunjungi laman erasmus-plus.ec.europa.eu.

2. Global Korea Scholarship

Korea Selatan yang terkenal akan budaya Kpop dan Drama Korea kini bisa Anda kunjungi sebagai penerima beasiswa Global Korea Scholarship. Global Korea Scholarship ditujukan untuk mahasiswa pada jenjang S-1, S-2, hingga S-3.

Banyak manfaat dari beasiswa ini antara lain : tiket pesawat, tunjangan hidup, kursus bahasa, dukungan penelitian, dan masih banyak lainnya. info lengkap cek laman studyinkorea.go.kr.

3. MEXT Scholarships

Macam-macam beasiswa berikutnya yaitu ada MEXT Scholarship di Jepang. Jenjang pendidikan yang dapat mendaftar program beasiswa ini mulai dari S-1, S-2, hingga S-3. Kelebihan dari beasiswa ini yaitu tiket pulang pergi akan ditanggung sepenuhnya.

4. KAUST Fellowship

KAUST atau King Abdullah University Of Science And Technology membuka beasiswa jenjang S2 dan S3 di Saudi Arabia. Fasilitas yang Anda dapatkan seandainya diterima menjadi penerima beasiswa yakni dana kuliah, apartemen, visa, dan lain-lain.

Itulah macam-macam beasiswa ke luar negeri yang bisa Anda coba. Jangan merasa pesimis terlebih dahulu sebelum mencoba. Anda bisa memilih program beasiswa yang wajib pulang ke tanah air atau yang tidak wajib pulang ke tanah air. Pilih sesuai keinginan hati Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Jagoketik.com. All Rights Reserved.
Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam