Kesehatan Mental Modal Awal menuju Kesuksesan

Kalian pasti pernah denger tentang istilah kesehatan mental, tapi kalian tahu ngga sih, apa yang dimaksud Kesehatan mental, apa saja masalah kesehatan mental di sekitar kita serta seberapa penting sih memiliki mental yang sehat? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Kesehatan mental atau pribadi sehat secara mental merupakan sebuah kondisi dimana batin sedang berada dalam keadaan yang tenang dan tentram, sehingga memungkinkan seseorang untuk dapat menikmati kegiatan sehari-hari secara maksimal.

Orang yang sehat mental sadar akan potensi diri yang dimilikinya dan mereka mampu dmengatasi permasalahan-permasalahan hidupnya sehingga dapat bekerja secara produktif dan mampu berkontribusi secara aktif dengan orang lain. Seseorang dapat dikatakan sehat mentalnya ketika kebutuhan psikologis, emosional maupun sosialnya terpenuhi.

Terdapat tiga masalah kesehatan mental yang mungkin sering terjadi di sekitar kita;

1. Stres

Stres merupakan sebuah kondisi dimana seseorang mengalami tekanan baik secara mental atau emosi. Stres biasanya ditandai dengan perasaan gelisah, cemas dan mudah tersinggung. Banyak faktor penyebab timbulnya stress, diantaranya; masalah keluarga, hubungan sosial dan tuntutan pekerjaan.

2. Gangguan kecemasan

Gangguan kecemasan merupakan sebuah kondisi dimana seseorang merasakan cemas secara konstan yang susah untuk dikendalikan. Gejala psikologis seseorang dengan gangguan kecemasan biasanya ditandai dengan perasaan gelisah, ketakutan yang berlebihan, tidak percaya diri, sulit berkonsentrasi dan menjadi penyendiri.

3. Depresi

Depresi sering diartikan sebagai gangguan suasana hari, dimana seseorang merasakan kesedihan yang berlarut-larut bahkan berlangsung hingga berbulan-bulan.

Depresi selain mempengaruhi emosi atau perasaan, juga dapat menyebabkan masalah fisik, mengubah cara berpikir maupun berperilaku, bahkan pada kasus yang ekstrem seseorang yang mengalami depresi akan sulit menjalani aktivitas, cenderung menyakiti diri sendiri dan melakukan percobaan bunuh diri.

Umumnya, ketiga masalah tersebut dapat ditangani secara mandiri dengan olahraga, memanajemen emosi yang baik maupun dengan meditasi. Tetapi apabila dirasa masalah tersebut dirasa tidak dapat ditangani secara mandiri maka lebih baik untuk meminta bantuan kepada tenaga ahli (konselor atau psikolog).

Menjaga kesehatan mental (psikis) sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Ketika seseorang sehat secara fisik dan psikis maka dapat dikatakan orang tersebut akan mampu mengoptimalkan kemampuan individu baik secara psikologis dan sosial. Sehingga akan mempengaruhi cara pandangnya dalam menjalani kehidupan.

Melalui fisik dan psikis yang sehat juga, seseorang akan memiliki pemikiran positif, lebih produktif, selalu bertumbuh dengan menerima tantangan kehidupan dan berusaha lebih kuat untuk mewujudkan mimpi. Dengan demikian, bisa dibilang bahwa kesehatan mental merupakan modal awal seseorang untuk dapat meraih kesuksesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam