Kemudahan Membuat Referensi Menggunakan Aplikasi Mendeley

Dewasa ini, penulisan ilmiah menjadi tuntutan di bidang pendidikan. Penulisan ilmiah menjadi dasar kelulusan berupa skripsi, tesis ataupun disertasi bagi mahasiswa di tingkat Universitas. Tak hanya itu, penulisan ilmiah sudah dipelajari sejak dibangku Sekolah Menengah sebagi bagian dari aktualisasi bakat menilis siswa. Selain itu, dosen atau guru juga dituntut menulis artikel ilmiah yang tujuannya untuk di publikasikan.

Dalam artikel ilmiah diperlukan penulisan ilmiah yang terstruktur dengan strandar yang jelas dan dapat dipertanggung jawabkan. Mengapa demikian? Karena kegiatan menulis itu sendiri adalah sarana menuangkan pemikiran, yang tentu tak lepas dari hasil bacaan berbagai referensi.

Lalu bagaimana dengan standar referensi dalam penulisan ilmiah itu? Kini, standar penulisan ilmiah dapat dibilang cukup tinggi, dengan tidak dibenarkannya plagiasi. Nah, untuk menghindari plagiasi, penulis harus mencantumkan sumber yang jelas dengan sitasi dan daftar referensi (daftar pustaka) yang juga jelas dan dapat dipertanggung jawabkan. Penulisan referensi dan sitasi ilmiah ini juga telah dikembangkan dalam sebuah aplikasi yakni “Aplikasi Mendeley”.

Apa itu Mendeley?

Dilansir melalui Wikipedia, Mendeley adalah program komputer dan web yang dikembangkan Elsevier untuk mengelola dan berbagi makalah penelitian, mencari data penelitian, dan bekerja sama secara daring. Mendeley menggabungkan Mendeley Desktop, perangkat lunak manajemen referensi dan PDF, dengan Mendeley Android and iOS dan Mendeley Web, jejaring sosial peneliti.

Mendeley merupakan perangkat lunak yang memudahkan penulis dalam mengatur sitasi dan referensi dalam tulisannya. Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat referensi dengan mudah menggunakan aplikasi Mendeley:

  1. Download Aplikasi mendeley melalui web di laman https://www.mendeley.com/download-desktop-new/
  2. Setelah instalasi selesai, Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop
  3. Jika tulisan-nya masih “Install MS Word Plugin”, berarti Anda menginstall-nya. Klik tombol tersebut untuk meng-install. Hal ini berguna agar Mendeley dapat digunakan dalam MS Word.
  • Lalu Siapkan Tulisan ilmiah dan Bagian yang Ingin Direferensi dan insert file jurnal atau sumber bacaan yang ingin dijadikan referensi di library mendeley (file berupa pdf)
  • Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word
  • Arahkan cursor mouse Mahasiswa ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada bagian menu.
  • lik tombol “Insert Citation” à Go To Mendeley dan cari nama artikel yang ingin direferensi. Jika data yang ditampilkan sudah benar, klik lalu klik cite
  • Referensi akan secara otomatis muncul berdasarkan dengan “Style” referensi yang dipilih
  • Lakukan hal tersebut untuk kedua atau lebih artikel lain-nya yang ingin disitasi.
  • Terakhir, untuk memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop
    Arahkan cursor mouse ke tempat Mahasiswa ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik di menu “reference” kemudian klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh aplikasi Mendeley ini.
  • Anda dapat memasukkan referensi-referensi lain-nya, dan list tersebut akan terupdate secara otomatis. Tetapi hanya artikel yang direferensi yang akan masuk ke dalam daftar pustaka (bukan semua artikel yang ada di Mendeley).

Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba! Salam Ilmiah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, Saya Imel, saya siap melayani jasa pembuatan artikel ilmiah lengkap dengan Mendeley. Chat sekarang!