Kelebihan Belajar Daring Dalam Dunia Pendidikan Di Era Pandemi

Sudah sekitar hampir 2 tahun pandemi ini melanda negara kita. Berbagai kegiatan pun dijalankan dari rumah untuk mencegah penyebaran Covid 19. Begitupun juga dengan kegiatan pendidikan dan belajar mengajar. Semua kegiatan belajar mengajar dilakukan dalam sistem daring atau dalam jaringan. Kelebihan belajar daring akan diulas secara detail dibawah  ini.

Daring  yaitu singkatan dari dalam jaringan. Ini ialah pembelajaran dengan sistem online pada jejaring internet atau komputer. Daring bisa dilakukan dimana saja dan tidak harus disekolah. Belajar juga bisa dilakukan kapan pun.

Kelebihan Belajar Daring Dalam Dunia Pendidikan

Dengan sistem daring ini membutuhkan teknologi yang berkembang, yaitu dengan menggunakan handphone, komputer,atau laptop . Pembelajaran dilakukan dengan E learning ataupun dalam aplikasi google meet atau zoom. Mengumpulkan tugas secara online dan digital adalah salah satu dari kelebihan belajar daring.

Pembelajaran dalam jaringan ini tentunya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Ini semua bertujuan untuk menghindari  penyebaran Covid agar tidak semakin banyak. Berikut ini akan dibahas apasajakah kelebihan dari sistem belajar daring ini.

1. Fleksibel Kelebihan Belajar Daring Yang Utama

Kelebihan belajar daring yang utama yaitu adalah fleksibel. Siswa dapat flesible kapan saja untuk menyimak dan membaca materi kapan pun dan di manapun. Dengan adanya kelebihan ini membuat siswa harus mau membaca dan belajar walaupun dari rumah.

2. Hemat Biaya

Semakin banyak bermunculan inovasi website dan aplikasi pembelajaran untuk membantu pembelajaran yang efektif dan efisien secara online ini. Bisa dibilang belajar online ini hemat biaya karena hanya  membutuhkan handphone dan kuota internet.Semua orang pasti memiliki handphone dan kinni para provider komunikasi banyak  yang memberikan paket pulsa dara internet yang cukup bersaing dan murah.

Jika dibandingan dengan tatap muka, bahkan siswa harus berangkat kesekolah yang membutuhkan biaya pulang pergi dan mungkin juga uang jajan. Jadi bisa dikatakan kelebihan belajar daring lebih hemat biaya.

3. Diulang Sesuai Kebutuhan

Pada umumnya guru memberikan materi berupa rangkuman, video pembelajaran dan mungkin juga dalam bentuk Power poin yang memberikan kesempatan siswa untuk memperhatikannya dari rumah.

Untuk belajar online ini tentunya materi bisa diulang sesuai kebutuhan. Ada siswa yang yang mungkin paham dengan sekali menontonnya , namun mungkin ada yang harus mengamatinya berkali-kali. Inilah kelebihan belajar daring bagi siswa yang perlu menyimak berulang-ulang.

4. Eksplorasi Belajar

Dalam belajar online ini tentunya membuat siswa tidak hanya terpaku pada buku ataupun ceramah guru. Hal ini mendorong siswa lebih bereksplorasi gaya belajar dan juga minat untuk memenuhi kebutuhan belajarnya.

Siswa dapat mencari data atau informasi yang diperlukan untuk memenuhi keperluan tugas atau materi. Kelebihan belajar daring ini akan membuat siswa menjadi lebih berkembang dan menambah pengetahuan. Pembelajaran pun menjadi lebih mengasyikan.

5. Penguasan Teknologi Meningkat

Dengan adanya perkembangan digital dan belajar online ini tanpa disadari tentunya memberikan pengaruh bahwa siswa dapat meningkatkan kemampuan dalam penguasaan teknologi. Dengan memanfaatkan teknologi berbasis online ini sudah menjadi hal yang biasa virtual meeting, formulir online, maupun edit video atau media sosial.

Demikianlah kelebihan belajar daring yang sudah dijelaskan di atas. Pembelajaran jika dilakukan dengan sebaik mungkin dan sesuai dengan tujuannya tentu akan memberikan hasil yang baik dan maksimal. Semoga informasi ini bermanfaat. Tetap semangat daring.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!