5 Kebiasaan Sederhana Yang Dapat Membuat Anak Cerdas

Impian setiap orang tua adalah memiliki anak yang tumbuh sehat dan juga menjadi anak yang cerdas. Bahkan banyak orang tua yang rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk dapat menyekolahkan anaknya di sekolah swasta favorit yang biayanya sangat mahal, atau mengikutkan anak ke berbagai macam kursus  tambahan untuk dapat meningkatkan potensi pengetahuan anak.

Memang menyekolahkan di sekolah mahal dan juga mengikutkan anak pada kursus tambahan bukanlah hal yang salah, namun tidak semua orangtua mampu untuk memberikan anak-anaknya fasilitas yang mewah tersebut.

5 Kebiasaan Yang Membuat Anak Menjadi Cerdas.

Untuk orang tua yang ingin tahu apa saja kebiasaan yang dapat membuat anak menjadi cerdas, dapat dilihat pada penjelasan di bawah :

1. Pola Tidur Yang Baik

Pola tidur yang baik dapat membantu tingkat kecerdasan anak. Hal ini disebabkan pola istrahat yang cukup, dapat membantu agar otak manusia dapat bekerja dengan maksimal. Sementara bila anak kekurangan tidur, maka anak-anak akan susah berkonsentrasi yang membuat mereka susah dalam menerima informasi dan juga membuat mereka cepat bosan ketika menerima pelajaran.

Untuk anak-anak waktu tidur yang baik adalah sekitar 8 jam sehari. Tugas kita sebagai orangtua untuk memastikan jam tidur mereka tercukupi, tidak terlalu lama dan juga tidak terlalu sedikit.

2. Membaca Buku Bersama

Buku adalah jendela dunia, sehingga mengenalkan anak kepada buku semenjak dini merupakan tugas penting setiap orangtua. Mulailah sedini mungkin, ketika anak-anak masih bayi. Walaupun mereka masih belum mengerti apa yang kita ucapkan, atau jalan cerita buku tersebut, proses membacakan buku ini dapat merangsang perkembangan otak anak.

Lakukan kegiatan ini secara rutin, bisa di sore hari, atau malam hari sebelum tidur, tidak perlu lama-lama yang penting rutin dan menjadi kebiasaan baik yang akan tertanam dalam ingatan anak.

Untuk anak bayi dan balita, carilah buku yang memiliki gambar yang banyak dengan warna-warna yang menarik sehingga lebih menarik perhatian mereka.

3.Suasana Keluarga Yang Damai

Anak-anak yang tumbuh dalam keluarga yang harmonis dan saling mendukung, cenderung akan memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik daripada anak yang tumbuh dalam keluarga yang tidak harmonis.

Anak-anak akan lebih dapat menunjukkan bakat dan juga kemampuan mereka apabila mendapat dukungan penuh dari orangtua. Hal ini tentu tidak dapat ditemui pada keluarga yang tidak harmonis yang setiap hari ada keributan dan juga penuh dengan bentakan.

Anak yang sering mendapatkan bentakan pada umumnya akan mengalami gangguan perilaku dan juga memiliki trauma tersendiri. Bahkan bisa saja anak-anak menganggap cara yang wajar untuk menyampaikan pendapat adalah dengan berteriak.

4. Memberikan Makanan Yang Bergizi

Makanan yang bergizi sangat penting dalam mendukung pertumbuhan otak anak. Makanan yang bergizi dapat meningkatkan daya ingat dan juga tingkat konsentrasi pada anak.

Utamakan makanan yang sehat, buah-buahan dan juga susu dan kurangilah memberikan anak makanan cepat saji agar anak-anak dapat tumbuh sehat dan juga cerdas.

5. Sering Ajak Berkomuniksi

Membuat kebiasaan saling bercerita juga merupakan kebiasaan yang patut dilakukan. Dengan melatih mereka untuk menyampaikan apa yang mereka rasakan dapat meningkatkan kecerdasan, dan juga mengembangkan kemampuan mereka dalam berinteraksi. Selain itu akan membuat ikatan yang baik antara anak dan orangtua karena ada rasa saling percaya.

Demikianlah beberapa kebiasaan sederhana yang dapat membuat anak-anak tumbuh dengan cerdas. Perhatikan kesehatan mereka, baik fisik maupun mental. Agar mereka dapat tumbuh menjadi orang yang cerdas dan juga berperilaku baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!