Ini 5 Jenis Freelance Yang Paling Diincar oleh Mahasiswa

Kamu seorang mahasiswa? Lagi kepikiran untuk mendapatkan tambahan uang jajan selain dari pemberian orang tua? Atau ingin punya pengalaman kerja yang bisa kamu masukin CV nantinya?


Nah, bekerja secara freelance mungkin adalah solusi dari masalahmu.
Bekerja sebagai freelancer sedang diminati oleh banyak kalangan, salah satunya adalah mahasiswa.

Cara kerjanya yang cukup fleksibel dan tidak terikat jam kerja tertentu, menjadikan freelance sebagai salah satu pekerjaan incaran. Beberapa pekerjaan freelance bisa memanfaatkan skill yang sudah kamu miliki, tanpa harus terlebih dahulu menyelesaikan pendidikanmu di bangku perkuliahan.

Inilah 5 jenis pekerjaan freelance yang bisa kamu pilih dan jalani saat kamu masih menjadi seorang mahasiswa.

5 Jenis Pekerjaan Freelance yang sangat Diminati,

1. Tutor Les

Speaker at Business convention and Presentation. Audience at the conference hall.

Sebagai seorang mahasiswa, pastinya kamu sudah melewati jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA. Kamu bisa memanfaatkan ilmu yang sudah kamu pelajari semasa sekolah dengan menjadi tutor. Bergabunglah dengan salah satu lembaga bimbingan belajar terdekat atau platform bimbingan belajar online.

Kamu juga dapat menawarkannya kepada para orang tua di lingkungan sekitarmu yang mungkin sedang membutuhkan tutor untuk anak-anak mereka. Freelance sebagai tutor les cukup mudah karena kamu dapat menyesuaikannya dengan jadwal perkuliahanmu.

2.Translator

Kamu menguasai satu atau lebih bahasa asing? Manfaatkan keahlianmu itu dengan menjadi seorang translator. Jasa translator biasanya dibutuhkan untuk menerjemahkan suatu dokumen atau menjadi penerjemah percakapan langsung di event tertentu.

Kamu bisa memperoleh proyek translator di beberapa website freelance atau menawarkan secara langsung keahlianmu di lingkungan kampus.

3. Content Writer

Kalau kamu suka menulis, menjadi content writer adalah salah satu jenis freelance yang harus kamu coba. Saat ini banyak website yang mencari seorang penulis lepas untuk mengisi konten website mereka.

Selain bisa menuangkan hobi menulismu dan mendapatkan uang jajan, kamu juga bisa menambah wawasan. Karena sebelum menulis sebuah konten, kamu harus melakukan riset dan membaca banyak bahan untuk dituangkan ke dalam kontenmu.

4. Graphic Designer

Kamu memiliki kreatifitas yang tinggi dalam mendesain sesuatu? Kamu bisa menguangkan desainmu dengan menjadi seorang graphic designer. Biasanya desain yang dapat kamu tawarkan adalah pembuatan poster, logo, banner, pamflet, kartu nama dll. Kamu bisa mendapatkan proyek desain dari beberapa website freelance, atau langsung menawarkannya secara mandiri.

Kamu bisa mempromosikan jasa graphic designer melalui akun media sosialmu.

5. Photographer

Punya keahlian foto-foto? Jadikan keahlianmu itu sebagai tambahan uang jajanmu. Mengambil gambar saja memang terdengar mudah, tapi mengambil gambar yang bagus membutuhkan keahlian khusus. Sehingga untuk mengabadikan momen-momen penting dibutuhkan seorang photographer.

Photographer banyak dicari untuk mengabadikan momen-momen penting di acara tertentu, seperti pernikahan, ulang tahun, wisuda, seminar, perayaan perusahaan dan lain-lain. Kamu bisa bergabung dengan suatu event organizer atau mempromosikannya melalui akun media sosial. Kamu dapat mengunggah hasil jepretanmu di sosial media sebagai portofolio juga.


Itulah 5 jenis freelance yang paling diincar oleh mahasiswa dan dapat menambah uang jajanmu. Tapi yang perlu diingat, kamu harus menyesuaikan jam kerjamu nanti agar tidak mengganggu waktu perkuliahanmu. Selamat mencoba dan tetap semangat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam