‘I love you’ atau ‘I loved you’ sih??

Seringkali kita merasa bingung ketika ingin mengungkapkan kata cinta kepada pasangan kita. Inginya sich menggunakan bahasa Inggris biar kelihatan lebih keren. Tapi seringkali  kita salah menggunakan kata yang tepat untuk ‘love’ dan ‘loved’. Apa sich bedanya?

Yuk kepoin penjelasannya dibawah ini!!

Kata ‘love’ dan ‘loved’ dalam kontek ini merupakan sebuah kata kerja  (verb) dalam bahasa Inggris yang bermakna ‘mencintai’ atau ‘menyayangi’.  Kata kerja ini seringkali digunakan untuk mengungkapkan rasa sayang kepada seseorang. Namun, penggunaan kata ‘love’ dan ‘loved’ sendiri ada perbedaanya, walaupun dari segi makna sama.

Kata ‘love’ merupakan bentuk kata kerja dalam present tense. Tenses ini digunakan untuk menjelaskan suatu kebiasaan atau hobi dan kegiatan yang terjadi secara terus menerus hingga saat ini (e.g. I like swimming.).

Selain itu, tenses ini juga digunakan untuk menyatakan kebenaran umum (e.g. The sun rises in the east.), perintah (e.g. close the door, please!), dan suatu yang akan dating tetapi merupakan kegiatan yang sudah terencana (e.g. The train arrives at 2.00).

Kata keterangan waktu yang sering kali digunakan untuk tenses ini seperti: every day, every night, every Sunday, every . . . . ., always, ever, seldom, nowadays, sometimes, frequently, generally, commonly, and normally, as a rule. Contoh kalimat lengkap dengan menggunakan kata keterangan seperti ‘I always go to school by bike. Rika goes to school by bike sometimes.’

Di contoh tersebut penggunaan kata kerja dengan imbuhan –s/-es jika kata kerja tersebut diikuti subjek he, she, it.

Selanjutnya, kata ‘loved’ merupakan kata kerja bentuk past tense. Tenses ini merupakan tenses yang digunakan untuk menceritakan kegiatan atau kejadian di masa lampau (e.g. My mom went to Jakarta yesterday).  Kata keterangan yang sering digunakan dalam tenses ini adalah yesterday, last . . . ., . . . . ago, past date/event.

Contoh kalimat lain dengan past tense adalah ‘I lived in Jakarta two year ago.’

Kata kerja dalam past tense sendiri masih dibagi menjadi dua, yaitu kata kerja beraturan yang biasanya ditandai dengan akhiran –ed/-d dan juga kata kerja tak beraturan, yang biasanya ada perubahan untuk bentuk pertama dan keduanya ( e.g. go-went, see-saw, say-said).

Jadi, hati-hatilah ketika kalian ingin menggungkapkan rasa sayang kepada orang terkasih. Gunakanlah ‘I love you.’. Jangan coba-coba untuk menggunakan ‘I loved you.’, bisa-bisa orang terkasih mu akan marah karena kalimat ini berarti kamu sudah tidak menyayanginya lagi saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hai, saya Diyah spesialis alih bahasa (translate) Inggris-Indonesia atau sebaliknya dan proofreading berbagai dokumen. Chat WhatsApp saya sekarang, online 24 jam.