Hal Ini Harus Kalian Lakukan Saat Berstatus Mahasiswa

Menyandang status mahasiswa adalah satu moment yang ditunggu-tunggu setelah dinyatakan lolos seleksi masuk perguruan tinggi.

Oleh karenanya, sudah seharusnya saat menjadi mahasiswa kita memaksimalkan waktu sebaik mungkin. Hal demikian supaya ketika sampai di moment memakai topi toga, kita membawa bekal yang matang untuk kedepannya.

Nah, supaya rencana dan keinginan yang kita cita-citakan dikemudian hari tercapai, hal-hal berikut harus kalian lakukan di bangku perkuliahan.

1. Mengikuti Organisasi Internal Atau Eksternal Kampus

Dengan mengikuti organisasi, ada banyak hal baru yang akan diperoleh dan menjadi tempat kalian meningkatkan kemampuan di dalam diri kalian. Seperti cara berkomunikasi yang baik, melatih kepemimpinan, problem solving, kerja tim untuk mencapai tujuan yang sama, memperbaiki kemampuan bersosialisasi, dan tentunya orang-orang baru dengan cara berpikir yang berbeda-beda.

Di dalam organisasi yang kalian ikuti, beberapa hal yang tidak ada di dalam kelas akan kalian rasakan secara langsung.

2. Memperbanyak Networking atau Jejaring Pertemanan

Memperbanyak teman atau relasi saat menjadi mahasiswa akan memudahkan kalian di masa depan. Baik setelah lulus kalian ingin bekerja atau berbisnis, dengan relasi yang banyak, kalian memperluas pertemanan di mana-mana.

3. Memperdalam Kemampuan Bahasa Inggris

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang sangat penting di era sekarang ini. Dengan memperdalam kemampuan bahasa Inggris, kalian akan memiliki bekal ketika meninggalkan bangku kuliah. Lebih-lebih ketika kalian langsung masuk ke dunia kerja.

Tak hanya itu, kemampuan bahasa Inggris yang baik juga akan sangat bermanfaat saat kalian membaca jurnal atau referensi berbahasa Inggris yang biasanya disyaratkan oleh beberapa dosen ketika mahasiswa membuat tugas akhir.

4. Meningkatkan Kemampuan Hard Skill

Tak hanya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, meningkatkan kemampuan hard skill lainnya juga tak kalah penting. Kemampuan mengoperasikan komputer, memiliki keahlian di bidang desain, kemampuan menulis, keahlian menggunakan software, fotografi, dan lainnya akan menjadi nilai plus bagi diri kalian. Apalagi jika didukung dengan sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga resmi.

5. Bekerja/Berbisnis

Meski menjadi mahasiswa, kalian bisa mencoba untuk menjadi freelancer, pekerja paruh waktu, atau berbisnis kecil-kecilan. Dengan mencoba hal tersebut, akan melatih kalian cara membagi waktu, uang dan mengenalkan kalian seputar dunia kerja atau wirausaha.

Tentu saja kalian harus tetap fokus belajar dan tidak meninggalkan tanggung jawab selama menjadi mahasiswa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam