Fakta Menarik tentang Terjemahan

Peran dan pentingnya bahasa dalam kemajuan yang dicapai manusia sepanjang sejarah tidak dapat diabaikan.

Dari dulu hingga saat ini, bahasa telah berperan sebagai alat berpikir dan sarana komunikasi bagi manusia.

Melalui bahasa, terjadi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antar manusia.

Oleh karena itu, “bahasa” dapat dianggap sebagai penemuan atau pencapaian manusia yang paling penting dan berpengaruh sepanjang masa.

Bahasa merupakan salah satu aspek yang kompleks dan menarik dalam kehidupan manusia, dapat dikatakan bahwa dalam kehidupan bermasyarakat saat ini tidak mungkin melakukan aktivitas apapun tanpa adanya bahasa.

Namun perbedaan bahasa antara penduduk di berbagai belahan dunia membuat sulitnya menjalin komunikasi yang luas dan global.

Penerjemahan merupakan solusi yang diusulkan untuk menjawab permasalahan tersebut sehingga dapat menghilangkan hambatan mengenai perbedaan bahasa antar manusia.

Penerjemahan juga merupakan salah satu cara untuk bertukar budaya, pengetahuan dan teknologi antar manusia.

Oleh karena itu, penerjemahan selalu dipertimbangkan dalam segala bidang. Pada artikel ini, kami telah mengumpulkan beberapa informasi mengenai sejarah dan statistik menarik terkait profesi penerjemah.

Terjemahan tertulis pertama dari sejarah: The Epic of Gilgamesh

Kisah Gilgamesh, raja kota orc dan pencariannya untuk menemukan rahasia keabadian serta menyelamatkan temannya Enkidu dari kematian, adalah sebuah epik kuno yang ditulis pada milenium ketiga SM dan dianggap sebagai salah satu karya sastra tertua yang tersisa dari masa lalu.

Sungai Epik Gilgamesh milik tanah dan budaya Sumeria dan ditulis dalam gaya paku Sumeria.

Namun ada bukti bahwa karta tersebut diterjemahkan ke dalam bahasa Asia sekitar awal milenium kedua SM, dan kemudian ke dalam budaya Asiria dan Babilonia.

Akkadi telah mencapai tujuannya. Peralihan dari satu sistem penulisan ke sistem penulisan lainnya ini dikenal sebagai terjemahan tertulis tertua dan membuktikan bahwa industri penerjemahan telah berusia ribuan tahun.

Tentu saja, karena bahasa lisan jauh lebih tua daripada bahasa tulis, maka diyakini bahwa terjemahan lisan memiliki sejarah yang lebih tua daripada terjemahan tertulis.

Penulis paling populer dari sudut pandang penerjemah

Di antara banyaknya cerita kriminal, Agatha Christie akan disebut-sebut sebagai penulis genre yang paling menonjol dan sukses.

Pencipta karakter “Poirot” dan “Madame Marple”, selain berada di puncak daftar penulis terlaris dalam sejarah (setingkat dengan Shakespeare), Ia juga memegang rekor terjemahan terbanyak.

Agatha Christie menulis sekitar 80 novel kriminal selama hidupnya. Setelah Christie, penulis fiksi ilmiah terkenal Perancis, Jules Verne, dan kemudian penyair terkenal Inggris, William Shakespeare adalah penulis yang karyanya paling banyak diterjemahkan.

Industri penerjemahan terus berkembang

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kebutuhan akan penerjemah dan juru bahasa semakin terasa.

Kemajuan dan universalisasi teknologi media serta transportasi telah membuat dunia saat ini tampak lebih terintegrasi dan saling terhubung.

Dimasa sekarang, perusahaan besar, pemerintah, bahkan masyarakat biasa semakin banyak mendapatkan berita atau informasi yang dibagikan oleh media komunikasi.

Penerjemahan berperan sebagai jembatan komunikasi, sehingga memungkinkan satu informasi dapat diterima oleh banyak orang.

Hal ini dapat memperluas hubungan serta membuka lebih banyak peluang bagi setiap individu manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam