EdTech yang Tak Selalu Mendidik

EdTech ditawarkan ke sekolah-sekolah dengan misi untuk memajukan pendidikan anak secara bebas, tetapi EdTech juga merupakan industri besar (diperkirakan mencapai USD 101,64 miliar pada tahun 2022).

Kelangsungan hidup perusahaan EdTech di pasar yang didorong oleh keuntungan telah membuat banyak pengembang mempercepat prototipe mereka untuk peningkatan cepat tanpa pemeriksaan kualitas yang tepat.

Tanpa standar kualitas EdTech global, ada lebih dari 200.000 aplikasi “pendidikan”, banyak di antaranya tidak ada hubungannya dengan pendidikan.

Memang, aplikasi paling populer yang digunakan oleh anak-anak AS berisi fitur desain manipulatif yang memikat anak-anak ke dalam permainan dan pembelian yang tidak berarti.

Yang lebih buruk, jika dibandingkan dengan aplikasi berbayar, aplikasi gratis memiliki fitur hiburan yang lebih mengganggu.

Dengan meningkatnya kesenjangan aplikasi antara keluarga yang mengetahui dan dapat memediasi pembelajaran digital anak-anak dan mereka yang tidak, EdTech yang buruk dan murah dapat merugikan anak-anak dari latar belakang sumber daya yang lebih rendah.

Studi dari peneliti Eropa mengungkapkan kesenjangan lebih lanjut.

Analisis aplikasi Google Play Android yang digunakan oleh anak-anak Yunani menemukan bahwa aplikasi tersebut gagal memenuhi kebutuhan perkembangan anak-anak.

Buku digital paling populer yang diunduh oleh orang tua Turki, Belanda, Hongaria, dan Yunani tidak sesuai usia dan tidak mempromosikan kemampuan bahasa anak.

Laporan Human Watch menunjukkan bahwa selama Covid, pemerintah di 49 negara mendukung EdTech yang secara langsung melanggar privasi anak-anak.

Di tengah liburan musim panas, Otoritas Perlindungan Data Denmark menemukan risiko transfer data dengan Google Workspace, dan akibatnya, Google Chromebook dilarang dari sekolah dasar Denmark.

Otoritas Spanyol menciptakan alternatif mereka sendiri—platform pembelajaran yang mirip dengan Google tetapi dikembangkan oleh desainer Spanyol.

Siaran pers mengutip keinginan eksplisit walikota Barcelona untuk menindak oligarki Google dan Microsoft di sekolah-sekolah Spanyol.

Baik guru maupun orang tua tidak menginginkan EdTech komersial.

Saat diberi pilihan, guru memilih aplikasi yang dijelaskan dengan tolok ukur pendidikan. Guru menyukai aplikasi yang berbasis bukti.

Orang tua juga menginginkan aplikasi dan e-book yang mencerminkan nilai budaya mereka dan menyimpan data anak-anak di cloud lokal.

Mereka memilih aplikasi yang mencerminkan kriteria peneliti untuk aplikasi pendidikan yang baik.

Solusi untuk masalah ini adalah menghentikan penggunaan EdTech yang melanggar hak anak.

Setelah pandemi, undang-undang nasional dirancang untuk secara khusus melindungi data anak-anak.

Di Inggris, pemerintah melembagakan The Children’s Code, dan di AS, pembuat undang-undang mengusulkan Children’s Online Privacy Protection Act.

EdTech berbasis bukti mendapat daya tarik di antara investor internasional dan tim pengadaan sekolah nasional, dan beberapa perusahaan telah mulai memasukkan temuan penelitian ke dalam perangkat lunak EdTech mereka.

Bahwa teknologi pendidikan harus didasarkan pada prinsip-prinsip pembelajaran tampaknya menjadi sentimen bersama secara global.

EdTech berbasis bukti dan benar-benar “mendidik” diproyeksikan untuk membuka jalan menuju Metaverse.

Masa transisi tidak akan mudah, tetapi kita dapat menantikan EdTech dengan privasi data dan bukti penelitian berdasarkan desain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam