Daftar Pekerjaan Paling Dicari 2022 Selama Pandemi

Penyebaran Covid-19 yang tak kunjung usai tentunya menyebabkan perubahan dalam berbagai hal. Salah satu perubahannya yaitu dalam sektor ketenagakerjaan. Pekerjaan paling dicari 2022 tentunya masih berkaitan dengan kondisi yang ada saat ini.

Daftar Pekerjaan Paling Dicari 2022

Banyak perusahaan yang mengganti aturan kerja karyawan mereka setelah memasuki masa pandemi. Hal tersebut tentunya mereka lakukan demi kepentingan bersama, baik karyawan maupun usaha yang mereka jalankan.

Selain itu di masa pandemi juga, ada beberapa bidang pekerjaan yang membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. Dapat membantumu yang sedang mencari pekerjaan, berikut beberapa bidang pekerjaan yang paling banyak dicari selama pandemi tahun 2022.

Tenaga Medis

Saat Covid-19 menyebar di seluruh dunia, korban yang terdampak mulai berjatuhan di mana-mana. Hal tersebut membuat tenaga medis, khususnya di Indonesia kewalahan. Tenaga medis di berbagai rumah sakit harus menangani hingga ribuan pasien setiap harinya.

Selain masyarakat umum, korban juga berjatuhan dari kalangan medis itu sendiri. Tidak sedikit tenaga kesehatan di Indonesia meregang nyawa akibat virus corona ini. Karena itu, di masa pandemi, tenaga medis sangat dibutuhkan karena mengalami kekurangan serta penurunan.

Information and Technology (IT)

Selama pandemi, sebagian besar perusahaan mulai menerapkan sistem kerja jarak jauh atau remote untuk seluruh karyawan mereka. Hal tersebut dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus di perkantoran. Karena maraknya pekerjaan remote yang berbasis online, tidak heran jika saat ini tenaga ahli Teknologi dan Informasi banyak sekali dibutuhkan. Untuk menjadi ahli pengembangan software ini, kamu bisa mulai mengikuti berbagai kursus atau kelas online.

Supply Chain Management (SCM)

Dikenal sebagai manajemen penyediaan, pekerjaan ini meliputi berbagai bidang seperti analisis logistik, manajemen distribusi, hingga agen pembelian. Pekerjaan yang akan mempermudah sistem pembelian ini sangat dibutuhkan sejak pandemi dimulai. Banyaknya pembelian yang dilakukan oleh konsumen semasa pandemi akan diatasi oleh bidang pekerjaan ini. Mereka akan menjaga ketersediaan barang serta mengatasi keterlambatan dalam pengiriman barang.

Manajemen Keuangan

Dikutip dari CNN Indonesia, bidang pekerjaan ini diprediksi akan mengalami peningkatan kebutuhan tenaga kerja sekitar 15 persen untuk 10 tahun ke depan. Karena itu, saat ini pekerjaan tersebut menjadi lebih banyak dicari. Tidak mudah, pekerjaan yang harus dilakukan oleh seorang manajer keuangan, yaitu memeriksa pemasukan serta pengeluaran sebuah perusahaan. Selain itu, mereka juga harus mampu meningkatkan keuntungan sebuah perusahaan.

Digital Marketing

Bagi kamu yang berkecimpung di bidang ini tentu akan bersinggungan dengan pemasaran produk. Bidang ini memerlukan perencanaan yang matang dan strategis. Kemampuan ini pun turut memerlukan bidang SEO (search engine optimization), SEM (search engine marketing), email marketing, data analisis, bahkan konten sosial media.

Bidang Freelance yang Bisa Kamu Pilih

Selain keempat pekerjaan di atas, masih ada beberapa pekerjaan yang bisa kamu pilih pada tahun 2022 ini. Tidak bisa dipungkiri bila kehadiran pandemi Covid-19 membawa dampak buruk, tetapi turut membawa dampak positif. Dampak positif tersebut adalah pemahaman masyarakat terkait freelance. Sebelum pandemi, freelance ini kerap dipandang sebelah mata oleh mayoritas masyarakat di Indonesia. Ada beberapa jenis pekerjaan freelance yang bisa kami pilih, seperti:

Desainer

Bila kami memiliki kemampuan desain, membuat logo, atau ilustrasi, maka bisa memulai sejak dini. Pekerja lepas di bidang ini akan rutin berhubungan dengan klien dari bermacam negara. Bahkan, jika beruntung, kamu bisa menerima pesanan pembuatan logo band idola.

Penyunting/Proofread

Bagi kamu yang memiliki keahlian di bidang kebahasaan, bisa memulai berkecimpung di bidang ini. Terkait penyunting/proofread ini, kamu seakan-akan menjadi penentu/penguji kualitas keterbacaan suatu dokumen, baik dokumen ilmiah maupun nonilmiah, seperti jasa yang disediakan oleh Jagoketik.

Penulis Artikel SEO

Ada banyak situs yang ada di Google. Situs-situs tersebut menawarkan bermacam informasi, mulai dari hiburan, informasi, hingga sekadar isu terkini. Nah, beberapa informasi yang terdapat di website tersebut tentu memerlukan peran dari penulis artikel SEO. Bila kamu merasa memiliki kemampuan ini, bisa memulai bekerja sebagai freelance sekarang juga.

Penerjemah

Makin hari kebutuhan akan penerjemah kian bertambah. Melalui layanan ini, kamu bisa mencoba mencari pemasukan tambahan. O, ya, alih bahasa yang kini mulai familiar di Indonesia, yaitu Mandarin-Indonesia, Korea-Indonesia, Jerman-Indonesia, Perancis-Indonesia. Bagaimana, punya kemampuan di bidang ini?

Software Engineer

Bagi kamu yang memiliki kemampuan terkait bidang teknologi dan perangkat lunak, pekerjaan ini bisa kamu pilih. Bahkan, freelance di bidang software engineer bisa kamu jadikan sebagai pekerjaan tetap dengan nominal pembayaran per bulan lebih dari Rp10.000.000

Bagaimana, kamu sudah memilih daftar pekerjaan yang sudah kami sampaikan di atas? Pekerjaan apa pun bila memang kamu berkompetensi di bidang tersebut dan berdedikasi, tentu akan memberi hasil sesuai dari keinginanmu. Bahwa dedikasi, keseriusan, dan kejujuran menjadi poin penting selama bekerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam