Cara Menulis Abstrak yang Baik untuk Artikel Ilmiah

Abstrak:

Abstrak karya ilmiah adalah sebuah penyajian informasi secara singkat dan ringkas yang ditulis untuk pembaca dalam teks akademik, penelitian atau artikel, yang mencakup isi dan tujuan artikel.

Isi abstrak:

Abstrak karya ilmiah merupakan ringkasan yang menggambarkan keseluruhan artikel untuk memudahkan pembaca dalam memahami isi dan tujuan artikel.

Oleh karena itu, Anda harus meluangkan cukup waktu untuk menulis abstrak. Jika abstrak tidak ditulis dengan baik dan rinci, pembaca tidak akan mampu memahami maksud dan tujuan dari artikel Anda.

Dalam istilah informal, abstrak harus dapat membuat pembaca memutuskan untuk membaca teks artikel atau mengabaikannya.

Abstrak adalah bagian pertama dari artikel, namun penulisannya dilakukan paling akhir:

Dalam pembuatan artikel ilmiah, penulisan abstrak sebaiknya dilakukan setelah keseluruhan artikel selesai ditulis sehingga abstrak merupakan unsur terakhir yang perlu ditambahkan. Dalam teks ini, kami telah mencoba memberikan saran dalam penulisan abstrak ilmiah sehingga peneliti dapat menulis abstrak artikel sebaik mungkin

Bagian-bagian yang terdapat dalam Abstrak

Terdapat empat bagian utama dalam teks abstrak yaitu :

Tujuan:

  1. Mengapa kita peduli dengan masalah saat ini?
  2. Apa yang menjadi masalah dalam penelitian sehingga menciptakan kesenjangan?
  3. Apa alasan yang membuat Anda tertarik melakukan penelitian ini?

Metode:

Apa yang Anda lakukan untuk mencapai hasil? (Contoh: kami mewawancarai 17 siswa, melakukan 25 percobaan, menganalisis 5 karya sastra)

Hasil:

Apa yang Anda temukan/pelajari/buat sebagai hasil dari pekerjaan yang dilakukan dengan metode yang dijelaskan?

Kesimpulan:

Pada akhirnya, sesuai dengan masalah yang telah Anda nyatakan, temuan apa yang paling signifikan sehingga topik penelitian dapat dipahami dan dikaji dengan lebih baik?

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan dalam Abstrak

  • Baca pengantar artikel Anda sekali lagi. Bagian pendahuluan artikel mencakup ikhtisar materi dan ringkasan kasus yang dilakukan dalam penelitian serta kata kunci dan hal-hal penting di seluruh artikel.
  • Pastikan topik utama yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca sudah sesuai. Tempatkan diri Anda sebagai pembaca dan coba pahami apa yang ingin penulis diskusikan atau sampaikan dengan baik dan jelas serta hindari keluar dari topik utama atau fokus utama.
  • Baca seluruh artikel sekali lagi dan garis bawahi kalimat penting dan mendasar (Anda juga dapat menggunakan sorotan). Poin-poin yang disorot akan sangat membantu saat Anda saat menulis abstrak.
  • Dalam artikel Anda, ada bagian yang berhubungan dengan sejarah dan tujuan dari penelitian. Hal ini juga dinyatakan dalam bagian selanjutnya dari metode penelitian. Sorot informasi ini juga sehingga Anda lebih siap untuk menulis abstrak.
  • Tulis draf abstrak. Gunakan poin-poin yang telah Anda soroti dan tulis ringkasan penelitian, dengan latar belakang dan metode penelitian, serta pencapaian keseluruhan.
  • Jangan menyalin kata-kata yang Anda sorot, teks abstrak harus menjadi teks independen dan lebih baik jika menulis ulang dengan kalimat Anda sendiri.
  • Perhatikan topik utama. Pastikan bahwa sebuah artikel hanya memiliki satu topik utama, meskipun Anda mungkin memiliki beberapa sub-topik kecil, tetaplah fokus pada topik utama dan jangan menyimpang saat menulis abstrak. Sajikan sorotan penelitian dalam beberapa baris.
  • Gunakan kata dan kalimat yang jelas serta kuat saat menulis abstrak. Ingatlah bahwa Anda menulis abstrak artikel ilmiah, jadi andalkan fakta dan tulis secara sederhana dan singkat.
  • Perhatikan kesatuan dalam teks Anda, kalimat sebelum dan berikutnya harus mengikuti topik utama penelitian.
  • Siapkan draf teks untuk pengeditan dan finalisasi. Pastikan untuk membaca teks akhir sekali lagi dan periksa apakah ada kesalahan ejaan dalam tata bahasa dan siapkan versi final abstrak Anda.
  • Bandingkan abstrak dengan teks artikel. Sekali lagi, abstrak harus konsisten dengan topik yang diangkat dalam artikel dan menjadi representasi singkat, ringkas serta informatif dari isi keseluruhan artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Scan the code
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam