Apa Isi Proposal Penelitian? Berikut Penjelasannya

Menginjak akhir perkuliahan, mahasiswa sudah disibukkan dengan proposal penelitian yang diawali dengan pengajuan judul. Apabila sudah di acc oleh pembimbing maka dapat melanjutkan pada proposal penelitian. Apa isi proposal?

Apa Isi Proposal Penelitian Sebelum Terjun ke Lapangan?

Setelah membahas berbagai subjek penelitian serta metode penelitian apa saja yang akan Anda lakukan, maka tahap selanjutnya adalah memulai untuk membuat proposal.

Lalu apa saja isi dari proposal? dan bagaimana cara membuat proposal? Berikut struktur dalam menuliskan proposal penelitian:

Pendahuluan

Poin ini menjadi awal bagian dari penelitian yang menjelaskan segala alasan penelitian, serta apa yang ingin dicapai dari penelitian tersebut.

Latar Belakang

Bagian sistematika penelitian proposal ini menggambarkan alasan Anda melakukan penelitian tersebut. Baik pada proposal disertasi, tesis maupun skripsi kuantitatif serta kualitatif. Cukup menjabarkan sedikit alasan berdasarkan ilmiah dan sumber terpercaya agar penelitian Anda valid.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah hanya berupa sebuah pertanyaan yang menjadi latar belakang Anda melakukan penelitian tersebut. Misalnya, “Mengapa tanaman enceng gondok bermanfaat untuk pengrajin?”.

Tujuan Penelitian

Disini Anda cukup menjabarkan jawaban dari rumusan masalah yang menjadi dasar penelitian Anda. Ketika Anda sudah menemukan masalah penelitian, maka secara otomatis juga Anda akan menemukan tujuan dari penelitian tersebut.

Manfaat Penelitian

Sistematika penelitian proposal selanjutnya adalah Anda harus mengetahui seberapa penting Anda harus menampilkan kegiatan penelitian ini agar bermanfaat untuk Anda dan pembaca.

Tinjauan Pustaka

Pada bab ini, peneliti menjabarkan berbagai metode serta teori penelitian yang akan digunakan, agar relevan dengan penelitian yang dilakukan.

Landasan Teori

Sesuaikan teori dengan penelitian yang sedang Anda lakukan. Sebab, dengan menggunakan teori ini maka hasil penelitian dapat dicapai dengan baik.

Metodologi

Pada tahap akhir, sistematika penelitian proposal lebih kepada menjelaskan berbagai proses penelitian baik penelitian kuantitatif maupun kualitatif.

Metode Penelitian

Dengan menentukan metode yang akan digunakan maka peneliti akan menggunakan penelitian secara objektif dan sesuai teori.

Kerangka Penelitian

Pada tahap ini, peneliti akan memberikan kerangka penelitian yang akan dilakukan, yakni menjabarkan bab pertama hingga terakhir. Bisa dikatakan bahwa, kerangka penelitian merupakan kesimpulan kasar dari proses penelitian.

Penutup

Pada tahap akhir, ditutup dengan kesimpulan dan daftar pustaka.

Mengetahui apa isi proposal akan membuat Anda memiliki gambaran kecil tentang penelitian seperti contoh struktur proposal di atas. Sebaiknya segera ke perpustakaan dan cari berbagai sumber untuk mencari teori dan metode penelitian yang tepat sesuai dengan penelitian yang Anda lakukan.Atau jika anda terlampau sibuk, hubungi kami untuk asistensi bantuannya. Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Butuh bantuan untuk asistensi pengerjaan segala bentuk proposal baik itu skripsi/ tesis/ disertasi? Hubungi kami segera ya