9 Alasan Kenapa Harus Belajar Bahasa Inggris

Dewasa ini, semakin banyak orang yang mendedikasikan waktunya untuk belajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Banyak negara memasukkan bahasa Inggris dalam silabus sekolah dan anak-anak mulai belajar bahasa Inggris di usia yang semakin muda. Tapi apa nilai sebenarnya dari belajar bahasa Inggris?

Sangat mudah untuk melihat betapa pentingnya bahasa Inggris di seluruh dunia. Banyak bisnis internasional mengadakan pertemuan dalam bahasa Inggris, universitas mengajarkan kursus dalam bahasa Inggris dan, di seluruh dunia, turis dan pelancong menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa umum.

Tapi bagaimana bahasa Inggris menjadi begitu penting? Nah, itu semua kembali ke Kerajaan Inggris, yang pada puncaknya menutupi 25% permukaan bumi. Selama masa kolonial, penguasa Inggris sering mewajibkan orang-orang di negara-negara tersebut untuk berbicara bahasa Inggris daripada bahasa ibu mereka. Meskipun asal mula bahasa Inggris sebagai bahasa global memiliki masa lalu yang rumit, bahasa tersebut telah meninggalkan jejak penting di media, perdagangan, dan bisnis. Jika Anda masih tidak yakin apakah akan mempelajari bahasa tersebut, bacalah alasannya di bawah ini.

1. Bahasa Inggris adalah bahasa global

Bahasa Inggris adalah bahasa sains, penerbangan, komputer, diplomasi, dan pariwisata. Mengetahui bahasa Inggris meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang baik di perusahaan multinasional di negara asal Anda atau mencari pekerjaan di luar negeri.

3. Belajar bahasa Inggris dapat membantu Anda bertemu orang baru

Bahasa Inggris adalah bahasa resmi 53 negara dan digunakan sebagai lingua franca (bahasa yang saling dikenal) oleh orang-orang dari seluruh dunia. Artinya, baik Anda bekerja di Beijing, atau bepergian di Brasil, belajar bahasa Inggris dapat membantu Anda melakukan percakapan dengan orang-orang dari seluruh dunia.

4. Banyak karya ilmiah ditulis dalam bahasa Inggris

Pada abad terakhir, jumlah makalah ilmiah yang ditulis dalam bahasa Inggris telah mulai melebihi jumlah makalah yang ditulis dalam bahasa asli peneliti. Di Belanda, misalnya, rasionya mengejutkan 40 banding 1. Untuk alasan ini, memiliki pengetahuan bahasa Inggris sangat penting bagi mereka yang bekerja di bidang ilmiah.

5. Bahasa Inggris adalah bahasa industri media

Karena keunggulan Hollywood di media global, sejumlah besar film, acara TV, dan lagu-lagu populer ditulis dalam bahasa Inggris. Jika Anda berbicara bahasa Inggris, Anda tidak perlu lagi bergantung pada terjemahan dan subtitle untuk menikmati buku, lagu, film, dan acara TV favorit Anda.

6. Bahasa Inggris adalah bahasa Internet

Bahasa Inggris adalah bahasa online yang sangat penting dengan lebih dari separuh konten di internet ditulis dalam bahasa Inggris. Selain itu, beberapa perusahaan teknologi terbesar di dunia berbasis di negara-negara berbahasa Inggris.

7. Bepergian jauh lebih mudah dengan pengetahuan bahasa Inggris yang baik

Bayangkan Anda adalah orang Spanyol yang sedang berlibur di Thailand, sementara resepsionis hotel Anda mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan Anda dalam bahasa Spanyol, kemungkinan besar mereka akan dapat menjawab pertanyaan Anda dalam bahasa Inggris.

8. Dengan bahasa Inggris, Anda dapat belajar di seluruh dunia

Karena bahasa Inggris digunakan di begitu banyak negara, ada ribuan sekolah dan universitas di seluruh dunia yang menawarkan program dalam bahasa Inggris. Jika Anda berbicara bahasa Inggris akademis dengan baik, ada banyak peluang bagi Anda untuk menemukan sekolah dan kursus yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Cari tahu tentang pergi ke universitas di negara berbahasa Inggris.

9. Bahasa Inggris memberi Anda akses ke berbagai budaya

Pengetahuan bahasa Inggris yang baik akan memungkinkan Anda mengakses film, musik, dan literatur dari ratusan negara di seluruh dunia. Belum lagi fakta bahwa banyak buku dari seluruh dunia diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Sedikit pengalaman akan membuat Anda tumbuh sebagai pribadi lebih dari sekadar mempelajari nilai-nilai, kebiasaan, dan cara hidup dalam budaya yang berbeda dari budaya Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Hi. Saya Diyah spesialis alih bahasa (translate) Inggris-Indonesia atau sebaliknya dan proofreading berbagai jenis dokumen. Chat WhatsApp saya sekarang. Online 24 jam.