5 Tips Mengatasi Kelelahan Dalam Belajar

Belajar merupakan kegiatan utama yang harus dilakukan oleh setiap pelajar. Namun belajar bukan hanya dilakukan oleh pelajar saja, setiap orang yang ingin meningkatkan kualitas dirinya akan melakukan aktivitas belajar.

Belajar merupakan sebuah proses yang membutuhkan konsentrasi, tenaga dan juga tekad. Sebagai seorang pelajar, mungkin saat ini kita sedang memiliki keinginan belajar yang sangat kuat, entah itu karena ujian, sedang mengikuti kompetisi atau memang dalam fase ingin belajar terus menerus. Proses belajar yang terus menerus dapat membuat tubuh kita kelelahan dan merasa lelah dalam belajar merupakan suatu hal yang normal.

Ketika rasa lelah dalam belajar ini datang, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

1. Mengetahui Kondisi Badan

Belajar merupakan suatu proses yang sangat baik, namun bagaimanapun kita juga harus memperhatikan kondisi kesehatan. Kita harus dapat membagi waktu kapan waktu untuk berjuang dan kapan waktu yang tepat untuk beristirahat.

Jangan terlalu memaksakan diri. Mungkin ini adalah saat dimana kita sedang sangat bersemangat dalam mengejar target belajar dalam memenuhi impian kita. Namun satu hal yang perlu diingat, tubuh kita juga perlu mendapatkan perhatian.

Ketika sudah lelah, hal yang wajib kita lakukan adalah beristirahat. Karena jika terus dipaksakan, malah akan membawa kita dalam kondisi Kesehatan yang kurang baik. Perhatikan kondisi badan dan ketahuilah batas kemampuan diri kita, sehingga apa yang kita perjuangkan dapat tercapai dengan kondisi kesehatan yang prima.

2. Memiliki Skala Prioritas

Tips selanjutnya dalam mengatasi kelelahan dalam belajar adalah membuat prioritas dalam keseharian kita. Tentukan mana kegiatan yang paling penting hingga mana kegiatan yang paling tidak penting.

Dalam proses belajar, kita juga perlu menentukan prioritas, mana bagian pelajaran yang lebih dahulu ingin kita pelajari dan mana materi yang akan kita pelajari setelahnya.

Dengan menentukan prioritas dalam hal belajar dan juga kegiatan harian, kita dapat mengatur waktu sehingga kita tidak kelelahan.

3. Melakukan Hobi

Cara lain yang dapat dilakukan ketika kelelahan dalam belajar adalah melakukan hobi yang kita senangi. Belajar memang penting, namun kesehatan mental juga sangat penting. Untuk itu luangkanlah waktu disela-sela kepadatan jadwal belajar, dengan melakukan sesuatu yang sangat kita senangi.

Melakukan aktivitas belajar secara terus menerus pasti akan membuat tubuh dan otak kita bekerja dengan sangat keras. Agar kita tetap dalam kondisi yang terbaik ada kalanya kita perlu menutup buku pelajaran dan mulai lakukan hobi yang kita senangi, entah itu bermain game, mendengarkan musik, atau hobi lainnya.

Percayalah, melakukan hobi yang kita senangi akan menjadi sebuah kegiatan yang mengisi daya tubuh dan juga pikiran kita kembali ke kondisi yang terbaik.

4. Berolahraga

Olahraga selain baik untuk kesehatan tubuh, juga sangat baik dalam meningkatkan suasana hati kita. Lakukanlah olahraga ringan ketika merasa lelah dalam belajar karena olahraga dapat memicu munculnya hormon endorfin yang memiliki peran penting dalam meningkatkan rasa senang.

Selain itu setelah berolahraga, otot juga akan mengalami relaksasi secara alami yang membuat otot pada leher dan bahu yang sebelumnya kaku karena belajar menjadi lebih rileks.

5. Meditasi

Meditasi juga dapat membantu dalam mengatasi kelelahan dalam belajar. Meditasi dilakukan dengan cara duduk secara tenang dan melakukan pernafasan secara perlahan dan teratur dalam jangka waktu 15 sampai 20 menit.

Meditasi akan membantu tubuh menghilangkan hormon adrenalin yang muncul ketika kita merasa stress. Tubuh kita lebih rileks dan meditasi sebaiknya dilakukan rutin seminggu sekali agar kondisi Kesehatan mental kita dapat terjaga dari kelelahan dalam belajar

Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi rasa lelah dalam belajar, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Kami sedang online
Butuh bantuan untuk pengetikan, edit, atau pembuatan berbagai jenis dokumen besok langsung jadi? Chat admin sekarang di WhatsApp!