5 Tips Ampuh Memotivasi Diri Agar Rajin Belajar

Bagi sebagian besar orang, kegiatan belajar adalah sebuah kegiatan yang bukan mudah untuk dilaksanakan. Untuk belajar, sebagian besar orang butuh dorongan yang kuat dan terkadang menjadi tidak berhasil karena kurangnya motivasi yang dimiliki oleh orang tersebut.

Memotivasi diri adalah hal yang paling baik untuk menghadapi berbagai macam hambatan dalam kehidupan, yang salah satunya seperti kemalasan tingkat tinggi dalam belajar. Menimbulkan motivasi bagi diri sendiri memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh beberapa trik agar motivasi kita untuk belajar tetap terjaga dengan baik.

5 Tips Ampuh Memotivasi Diri Agar Rajib Belajar

Berikut ini adalah 5 tips ampuh untuk memotivasi diri agar rajin belajar yang patut kawan-kawan coba:

1. Mengatur Waktu Belajar

Memiliki waktu belajar yang tetap adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memotivasi diri untuk belajar. Memiliki waktu yang telah ditentukan untuk belajar dapat membuat diri kita terbiasa dan secara perlahan tubuh dan pikiran kita juga akan menjadi lebih siap untuk belajar.

Dengan demikian, materi yang kita pelajari akan lebih mudah diserap, karena otak kita telah dipersiapkan untuk fokus belajar dan secara tidak langsung kita akan lebih termotivasi untuk belajar di waktu yang telah kita tentukan sendiri.

2. Menentukan Target Belajar Yang Terukur

Langkah selanjutnya dalam memotivasi diri untuk belajar adalah dengan memiliki target yang terukur. Memiliki target pencapaian materi pelajaran adalah salah satu yang dapat membuat kita lebih termotivasi untuk lebih rajin belajar.

Tentukan apa yang ingin dicapai dalam pelajaran tertentu, target tersebut harus dapat terukur dengan baik sehingga kita dapat mengetahui apakah target tersebut tercapai atau tidak. Contohnya apabila pada ujian sekolah yang lalu kita mendapatkan nilai 5 pada ujian matematika, maka hal tersebut dapat dijadikan sebuah target dalam belajar. Tentukan target nilai yang ingin kita capai pada ujian selanjutnya seperti mendapatkan nilai 8 pada ujian berikutnya.

Nilai 8 menjadi motivasi kita untuk belajar lebih giat lagi dan dapat menambah motivasi kita untuk lebih giat belajar dimasa-masa yang akan datang.

3. Tempat Belajar Dengan Nyaman

Memiliki atau membuat tempat belajar yang nyaman dapat membuat kita lebih termotivasi dalam kegiatan belajar mengajar. Definisi nyaman ini dapat berbeda-beda bagi masing-masing orang. Ada yang nyaman belajar di teras rumah, ada yang nyaman belajar di kamar tidur dan ada juga yang lebih nyaman belajar di perpustakaan.

Tentukan dimana kita akan belajar, dan buatlah suasana yang nyaman sesuai selera kita masing-masing. Bisa dengan suasana yang hening atau juga dengan mendengarkan musik, karena nyaman dapat berbeda bagi setiap orang.

Suasana yang nyaman dapat membuat hati kita tenang dan pikiran tidak akan terganggu berbagai hal yang tidak penting. Apabila kita belajar di rumah, pastikan bahwa orang-orang dirumah telah mengerti bahwa kita sedang belajar sehingga gangguan dapat lebih diminimalkan.

4. Berkumpul Dengan Murid Yang Rajin

Teman kita merupakan cerminan kepribadian kita juga. Apabila teman-teman yang sering bersama dengan kita, lebih senang bermain game dan nongkrong yang tidak jelas, secara tidak langsung kita juga akan lebih sering membuang waktu bersama mereka.

Teman juga merupakan motivasi penting ketika kita ingin belajar dengan baik. Bergabunglah dengan teman-teman yang memiliki prestasi dan memiliki pola belajar yang baik, sehingga aura positif yang mereka miliki dapat menular kepada kita.

Bergabung dengan teman-teman yang rajin dapat meningkatkan motivasi kita untuk lebih giat lagi belajar, baik itu agar tidak tertinggal jauh dari teman-teman kita atau bahkan memiliki motivasi untuk  dapat lebih unggul dari mereka.

5. Memberikan Hadiah Bagi Diri Sendiri

Memotivasi diri kita untuk mencapai target tertentu, berarti kita juga harus memiliki rencana tentang hadiah apa yang pantas kita terima apabila target yang kita tetapkan dapat tercapai. Belajar merupakan proses yang menguras tenaga dan pikiran kita, jadi tidak ada salahnya memberikan hadiah pada diri sendiri.

Hadiah tersebut tidak perlu hal yang berlebihan atau mahal, cukup dengan melakukan hal-hal yang kita senangi saja. Sebagai contoh apabila kita berhasil mendapatkan nilai 8 dalam ujian matematika maka kita akan menonton film terbaru di bioskop, atau bisa juga dengan melakukan perjalanan singkat, seperti jalan-jalan ke pantai atau mungkin hiking ke gunung.

Menentukan hadiah bagi diri sendiri dapat menjadi pemicu untuk memotivasi diri kita dalam belajar lebih baik lagi. Tercapainya target tersebut, membuat kita dapat sejenak beristirahat dan bersenang-senang melakukan hal yang kita inginkan.

Demikianlah 5 tips ampuh untuk meningkatkan motivasi kita belajar lebih baik lagi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam