5 Manfaat Penting Kegiatan Ekstrakurikuler Bagi Anak

Salah satu kegiatan yang disenangi siswa di sekolah adalah kegiatan ekstra kurikuler atau juga sering disebut dengan singkatan yaitu ekstrakurikuler. Kegiatan-kegiatan ini dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan minat mereka masing-masing. 

Kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan wadah yang memiliki tujuan untuk menyalurkan dan juga menemukan bakat masing-masing siswa. Selain memberikan tambahan pengetahuan, kegiatan ekstrakurikuler ini juga sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Dengan mengikuti ekstrakurikuler, anak tidak hanya akan terfokus pada kegiatan akademik saja, namun juga dapat menyalurkan hobi dan bakat yang mereka miliki

Seperti yang disebutkan diatas, kegiatan ekstrakurikuler ini sangat penting dan memiliki banyak manfaat bagi anak-anak dan juga siswa sekolah.

Berikut ini adalah lima manfaat kegiatan ekstrakurikuler bagi anak.

1. Sarana Untuk Mengembangkan Bakat dan Minat

Ekstrakurikuler memiliki banyak kegiatan pillihan seperti pramuka, palang merah remaja, seni musik, pencak silat, jurnalistik, seni peran dan berbagai kegiatan lainnya. Dengan dibebaskannya anak-anak memilih kegiatan yang ingin mereka ikuti, membuat kegiatan ini bukan menjadi paksaan dan bagi anak-anak kegiatan ekstrakurikuler ini adalah kegiatan yang menyenangkan untuk diikuti.

Dengan mengikuti ekstrakurikuler tersebut, potensi-potensi selain bidang akademik anak akan terbangun dan dapat dikembangkan, karena tidak selamanya akademik merupakan pilihan utama ketika besar nanti. Ada yang menjadi aktor, musisi, petualang dan lain-lain. Hal-hal inilah yang menjadikan kegiatan ekstrakurikuler memiliki manfaat yang penting bagi anak.

2. Melatih Sosialisasi dan Berorganisasi

Berkumpul dengan teman-teman yang memiliki hobi dan kesenangan yang sama dapat membuat kegiatan yang dilakukan menjadi jauh lebih menyenangkan. Dengan mengikuti ekstrakurikuler, anak-anak yang biasanya pemalu dan cenderung diam dikelas, dapat menjadi lebih aktif karena berkumpul dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama dan secara tidak langsung akan membuat anak-anak tersebut dapat bersosialisasi dengan lebih baik lagi dan juga belajar untuk berorganisasi dalam kegiatan eekstrakurikuler tersebut.

3. Berlatih Untuk Mandiri dan Bertanggung Jawab

Ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak-anak akan banyak belajar untuk menjadi lebih bertanggung jawab dan juga lebih mandiri pada kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan. Seperti kegiatan pramuka yang dalam kegiatannya banyak memberikan pelatihan untuk kehidupan sehari-hari. Pramuka melatih anak-anak untuk dapat lebih mandiri dengan memberikan berbagai pelatihan seperti baris berbaris, tali temali, memasak dan berbagai kegiatan lainnya.

4. Belajar Untuk Mengatur Waktu Dengan Baik

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memang menyenangkan, namun perlu diingat, waktu yang dimiliki siswa cukup terbatas antara belajar, bermain dan juga istirahat. Dengan mengikuti ekstrakurikuler, siswa dapat mulai belajar untuk mengatur waktunya dalam sehari sehingga semua kegiatan penting tetap dapat dilakukan dengan baik. Karena bagaimanapun, belajar tetap merupakan tugas utama seorang pelajar.

5. Bermanfaat Bagi Kesehatan

Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler secara tidak langsung akan menghilangkan kejenuhan siswa belajar di sekolah. Anak-anak ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler akan bergerak dan bergerak yang membuat mereka menjadi lebih sehat. Selain itu kegiatan yang menyenangkan akan membuat siswa lebih bahagia dalam menjalani kegiatan sekolahnya.

Demikianlah lima manfaat penting kegiatan ekstrakurikuler bagi anak, kamu sudah ikut kegiatan ekstrakurikuler yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Chat WhatsApp
1
Online 24 Jam
Spesialis jasa pengetikan, editing, dan pembuatan berbagai jenis dokumen terbaik No. 1 di Indonesia.

✔ Transaksi aman anti penipuan
✔ Kenyamanan dan kemudahan kerja sama
✔ Pengerjaan cepat dan akurat dengan garansi

Chat Admin sekarang, online 24 jam